Breaking News:

Berita Klaten

Warga Terdampak Tol Solo-Yogya Protes Ganti Rugi, Layangkan Surat Ke Staf Presiden

Seorang warga Sleman yang memiliki lahan di Somopuro, Jogonalan, Klaten melayangkan surat kepada Staf kepresidenan deputi 1 bidang infrastruktur.

tribunsolo.com/mardon
Himawan Pambudi, menunjukan Surat Protes Terkait Mekanisme dan Pengadaan Tanah untuk Proyek Jalan Tol Solo-Jogja ke Staf Kepresidenan Deputi 1 Bidang Infrastruktur, Rabu (20/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KLATEN - Seorang warga Sleman yang memiliki lahan di Somopuro, Jogonalan, Klaten melayangkan surat kepada Staf kepresidenan deputi 1 bidang infrastruktur.

Surat ini berisi protes dirinya dengan proses mekanisme dan pengadaan tanah proyek Jalan Tol Solo-Jogja.

Himawan Pambudi mengatakan, mekanisme musyawarah yang diterapkan dalam Mega proyek ini dinilai merugikan pemilik tanah yang terdampak proyek tersebut.

"Kami disini mempersoalkan besaran ganti rugi dan mekanisme ganti rugi proyek Tol Solo-Jogja yang kami anggap merugikan warga yang terdampak" ucap Himawan saat ditemui awak media, Rabu (20/1/2021).

Himawan menyebutkan ada dua indikasi yang bisa merugikan warga.

Yang pertama yaitu besaran ganti rugi yang dinilai sangat kecil dibandingkan dengan resiko warga yang terdampak kehilangan pekerjaan, serta resiko sosial.

"Kemudian harga tanah yang saat ini melambung tinggi, yang tak terkejar dengan ganti rugi yang didapat," ujarnya.

Kemudian yang kedua yaitu mekanisme pengadaan yang dinilai mengabaikan Pasal 37 Undang-undang Nomor 2012 tentang pengadaan tanah bagi kepentingan umum.

Himawan menekankan dalam pasal ini, harus adannya proses musyawarah dalam pengadaan tanah bagi kepentingan umum.

"Dari hasil indikasi tersebut, dikatakan musyawarah jika adannya negosiasi dan tawar menawar yang diberikan pemerintah melalui Appraisal dengan warga yang terdampak," ucap Himawan.

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved