Breaking News:

Berita Solo

Perkuat Imun UMKM di Tengah Pandemi, Dinkop Jateng Berikan Pelatihan Secara Serentak di Tiga Kota 

Dinkop UMKM Provinsi Jateng gelar program pelatihan berjenjang di Hotel Megaland Solo, Senin-Jumat.

Istimewa
Para pelaku usaha ketika menerima materi pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan Imun UMKM di Hotel Megaland Solo, Jumat (5/1/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Provinsi Jawa Tengah selenggarakan program pelatihan berjenjang di Hotel Megaland Solo, Senin-Jumat (1-5/2/2021). 

Program pelatihan itu secara teknis dilaksanakan oleh Balai Pelatihan Kop

Para pelaku usaha ketika menerima materi pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan Imun UMKM di Hotel Megaland Solo, Jumat (5/1/2021).
Para pelaku usaha ketika menerima materi pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan Imun UMKM di Hotel Megaland Solo, Jumat (5/1/2021). (Istimewa)

erasi (Balatkop) yang merupakan unit pelaksana pendidikan dan pengembangan. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati menyampaikan, selain diselenggarakan di Solo, secara serentak juga digelar di Pekalongan dan Salatiga. 

Menurutnya, pada Tahun 2020 pihaknya berhasil memperkuat imun UMKM dan membuat mereka bertahan menghadapi pandemi Covid-19. 

"Di tahun ini, kami memberikan pelatihan yang berkesinambungan untuk memantau pergerakan usaha UMKM," jelasnya, Jumat (5/1/2021). 

Ema menyampaikan, dia juga ingin mencetak beberapa UMKM andalan yang kelak dapat menjadi ikon UMKM tangguh di Jawa Tengah.

"Pelatihan berjenjang atau leveling ini bertujuan untuk memperkuat imun UMKM. Selain itu, sekaligus sebagai program nyata memonitoring perkembangan naik kelas UMKM, khususnya semenjak adanya pandemi Covid-19," jelasnya. 

Menurut Ema, ada 3 jenis pelatihan yang menjadi perhatian dan menurut dia penting untuk menciptakan adanya UMKM tangguh. 

"Yakni manajemen operasional dan SDM, manajemen pemasaran, serta manajemen usaha dan keuangan," tuturnya. 

Satu di antara pelaku usaha, Bastiatun menyampaikan ucapan syukur karena menjadi salah satu pelaku usahabyang terpilih. 

“Pelatihan ini memberikan banyak inspirasi bagi usaha saya. Terlebih, untuk meningkatkan performa bisnis dari sisi pembenahan manajemen oerasional dan SDM," tandasnya. (*)

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved