Breaking News:

Berita Karanganyar

Disdagnakerkop UKM Karanganyar Lakukan Pengawasan Penerapan UMK dan Prokes di Perusahaan Mulai Besok

Disdagnakerkop UKM Karanganyar akan lakukan pengawasan terhadap kepatuhan penerapan UMK 2021 dan prokes.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Martadi. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar akan melakukan pengawasan terhadap kepatuhan penerapan UMK 2021 dan protokol kesehatan di perusahaan mulai besok, Selasa (9/2/2021). 

Kabid Hubungan Industrial Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Hendro Prayitno menyampaikan, tim sudah melakukan rapat internal terkait pengawasan yang dilakukan terhadap perusahaan. Pengawasan dilakukan secara acak dengan mengambil beberapa sampel. 

Dia menjelaskan, pengawasan tersebut meliputi kepatuhan perusahaan terhadap UKM 2021, protokol kesehatan, perselisihan antara pekerja dan perusahaan.

"Kita lakukan sampling selama tiga minggu. Per harinya ada tiga perusahaan yang dicek," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (8/2/2021). 

Dinas mencatat ada sebanyak 68 kasus yang dilaporkan pada 2020. Kebanyakan kasus yang dilaporkan yakni soal ketidaksesuaian pesangon. 

"Ada 68 kasus yang masuk. Dua masuk ke pengadilan hubungan industrial tingkat provinsi dan sisanya sudah selesai di tingkat kabupaten. Kebanyakan ketika di PHK, pesangon tidak sesuai dengan undang-undang," jelas Hendro.

Sementara itu, Kepala Disdagnakerkop UKM Karanganyar, Martadi menambahkan, dinas meminta supaya perusahaan menerapkan UKM sesuai ketentuan yang sudah berlaku. Di samping tetap menerapkan protokol kesehatan di area perusahaan. 

"Prokes harus dijalankan. UKM harus dilaksanakan. Kalau itu tidak bisa, harus ada penangguhan. Kalau memang tidak mampu (membayar upah sesuai UKM 2021), dirundingkan lagi antara serikat pekerja dan perusahaan," imbuhnya. 

Lanjutnya, surat penangguhan tersebut lantas dapat dikirim ke dinas untuk diteruskan ke tingkat provinsi.

Sesuai dengan keputusan Gubernur Jateng, UMK Karanganyar 2021 senilai Rp 2,054 juta atau masih tertinggi di wilayah Solo Raya. Menindaklanjuti keputusan tersebut, dinas telah menyosialisasikan UMK 2021 kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved