Breaking News:

Berita Viral

BMKG Peringatkan Siaga Banjir dan Banjir Bandang 10-11 Februari di 4 Provinsi, Ini Daftarnya

BMKG dalam siaran persnya, Selasa (09/02/2021) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrim di sebagian besar wilayah Indonesi

Editor: muslimah
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
Jalan Raya Semarang-Demak, Genuk, Kota Semarang hanya dapat dilewati kendaraan besar seperti truk dan bus, Selasa (9/2/2021) pagi. 

BMKG Peringatkan Siaga Banjir dan Banjir Bandang 10-11 Februari di 4 Provinsi

Masyarakat diimbau senantiasa waspada

TRIBUNJATENG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG dalam siaran persnya, Selasa (09/02/2021) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrim di sebagian besar wilayah Indonesia selama satu minggu ke depan, 10 - 16 Februari 2021.

Dalam proyeksinya BMKG mengumumkan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari - Februari 2021 di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

Analisis BMKG untuk periode 10 - 16 Februari 2021 menunjukkan atmosfer sedang dinamis dan tidak stabil, menyebabkan tingginya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. 

Sebabnya ada dua hal; ada tekanan udara rendah di wilayah Australia yang berlokasi di sebelah selatan Indonesia sementara di utara Indonesia ada sirkulasi siklonik. Alhasil, angin berubah arah, pola dan kecepatan sehingga angin membawa uap air berkelana ke atas beberapa wilayah Indonesia.

Karena adanya sirkulasi siklonik, maka uap air yang dibawa angin berkumpul serta berputar lebih cepat, dengan jumlah lebih banyak dalam waktu yang relatif lebih pendek, sehingga jadilah mendung tebal yang berpotensi hujan lebat dalam durasi yang mungkin lebih lama di beberapa wilayah Indonesia.

Nenek dan Cucu Sedang Duduk di Teras Tewas Setelah Terseret Banjir Bandang Sejauh 1 Kilometer

Terjebak Banjir di Lantai 2 Rumah, Gadis Subang Ini Minta Tolong lewat Live Facebook

Pada beberapa hujan lebat juga berpotensi terjadi angin kencang dan petir. 

G
Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Indonesia dari BMKG memperkirakan hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada periode 10 - 16 Februari 2021 (Sumber: BMKG)

Potensi Hujan Lebat dengan Petir dan Angin Kencang

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan INTENSITAS LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved