Breaking News:

KKN Undip

Mahasiswa KKN Undip Dampingi Warga Sugihmanik Grobogan Manfaatkan Jagung Jadi Es Krim Super

Desa Sugihmanik merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

IST
Mahasiswa KKN Tim Universitas Diponegoro 2021, Zulfa Wulandari Rasyid saat memberikan sosialisasi mengenai pembuatan es krim jagung pada warga di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan. 

TRIBUNJATENG.COM, GROBOGAN - Desa Sugihmanik merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan.

Desa Sugihmanik hasil pertanian yang mencolok pada desa ini adalah jagung.

Namun, jagung yang melimpah tersebut belum diolah secara optimal oleh masyarakat.

Padahal banyak produk olahan menarik yang dapat dihasilkan dari jagung, seperti es krim jagung.

Mahasiswa KKN Tim Universitas Diponegoro 2021, Zulfa Wulandari Rasyid yang berkonsentrasi di Desa Sugihmanik membuat es krim jagung dengan meneliti pengaruh penambahan SP terhadap es krim.

SP sebagai pengemulsi diteliti pengaruhnya pada es krim menurut warna, tekstur, dan waktu lelehnya.

Kegiatan membuat es krim jagung merupakan salah satu program kerja dari Zulfa Wulandari Rasyid, mahasiswa Jurusan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Fakultas Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro dengan dosen pembimbing Fahmi Arifan, S.T., M.Eng. dan Ir. RTD. Wisnu Broto, M.T.

“Kegiatan ini didasarkan banyaknya para petani jagung yang tidak melakukan optimalisasi pengolahan hasil panen mereka dan hanya menjual jagung kering dengan harga yang relatif murah,” kata Zulfa Wulandari Rasyid, Senin (8/2/2021).

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan jagung yang mereka hasilkan agar menjadi produk olahan yang baik untuk kesehatan dan memiliki nilai jual tinggi, timbul ide pembuatan es krim jagung yang merupakan produk menarik dan diminati berbagai kalangan.

Penelitian pengaruh penambahan SP di sini dilakukan untuk menentukan jumlah SP yang tepat untuk menghasilkan es krim dengan kualitas baik.

Halaman
12
Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved