Breaking News:

Berita Temanggung

Bupati Temanggung Imbau Pemdes di Sekitar Sindoro Menyiapkan Contingency Plan

Persiapan itu dimaksudkan dalam rangka menghadapi kondisi tak terduga atau kegawatdaruratan yang bisa saja timbul kapan pun.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: muslimah
Istimewa
Petugas Pos Pengamatan Gunung Berapi Sindoro-Sumbing melakukan pengamatan langsung di kawah Sindoro, Sabtu (13/2/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEMANGGUNG - Menyikapi adanya peningkatan aktivitas vulkanis Gunung Sindoro saat ini, Bupati Temanggung M Al Khadziq mengimbau Pemerintah Desa di sekitar wilayah Gunung Sindoro agar menyiapkan Contingency Plan (Rencana Kontingensi).

Persiapan itu dimaksudkan dalam rangka menghadapi kondisi tak terduga atau kegawatdaruratan yang bisa saja timbul kapan pun.

Al Khadziq mengatakan, langkah ini bertujuan sebagai bentuk kesiapsiagaan warga untuk menghadapi bencana apapun yang bisa saja datang dalam waktu dekat. Meskipun hingga saat ini, status Gunung Sindoro masih dalam level I atau normal. 

"Saya ajak (warga) siap siaga. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan demi ketahanan kita dalam menghadapi bencana yang tidak bisa diduga. Saya berharap tidak terjadi bencana," terangnya di Temanggung, Senin (15/2/2021).

Petugas Pos Pengamatan Gunung Berapi Sindoro-Sumbing, Yuli Rahmatulloh menjelaskan, berdasarkan pengamatan langsung di puncak Gunung Sindoro pada, Sabtu (13/2/2021) malam, hasil visual tidak menunjukkan adanya peningkatan atau perubahan pada kawah.

Kata Yuli, hasil pemantauan langsung di wilayah kawah Sindoro terpantau cuaca berawan mendung dengan kecepatan angin kencang. Selain itu, warna asap putih tipis setinggi 10 meter dari atas kawah dengan tekanan lemah.

"Bau belerang sedang dan suara gemuruh terdengar sedang hingga kuat. Sehingga disimpulkan tidak ada peningkatan aktivitas atau perubahan kawah," terangnya.

Aktivitas masyarakat di wilayah kaki Gunung Sindoro pun masih berjalan normal. (Sam)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved