Breaking News:

Penanganan Corona

Apakah Vaksin Covid-19 Gratis untuk Semua? Berapa Harganya Jika Mau Vaksin Mandiri?

Ada kekhawatiran, sebagian besar warga akan menolak mendapatkan vaksin jika harus mengeluarkan biaya sendiri

Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Petugas Puskesmas Pandanaran Kota Semarang sedang menyuntik dosis pertama vaksin Covid-19 produksi Sinovac kepada sejumlah tenaga medis Kota Semarang di Gedung D.K.K lantai 10, Jumat (15/01/21). Penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut menandai dimulainya program vaksinasi di Indonesia. 

Apakah Vaksin Covid-19 Gratis untuk Semua? Berapa Harganya Jika Mau Vaksin Mandiri?

TRIBUNJATENG.COM - Keputusan pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 melalui dua skema, gratis dan berbayar, menuai kritik dari berbagai pihak.

Desakan untuk menggratiskan vaksin Covid-19 bagi semua warga Indonesia muncul, diutarakan warganet di media sosial hingga epidemiolog yang berpengalaman di bidang kesehatan publik.

Pemberian vaksin Covid-19 gratis bagi seluruh rakyat Indonesia dinilai sebagai langkah paling optimal untuk memastikan pandemi virus corona di Tanah Air bisa segera diakhiri.

Pasalnya, rasio penduduk yang harus membayar untuk mendapatkan vaksin adalah 70 persen atau sekitar 75 juta orang dari target 107 penduduk berusia 18-59 tahun yang ditargetkan pemerintah sebagai penerima vaksin Covid-19.

Baca juga: Profil dan Biodata Chika Waode Pemeran Suster Mirna Ikatan Cinta, Mantan Pemain Lenong Bocah 90an

Baca juga: Gilang Dirga 5 Tahun Menikah Tak Kunjung Dikaruniai Momongan: Gue Gak Peduli

Ada kekhawatiran, sebagian besar warga akan menolak mendapatkan vaksin jika harus mengeluarkan biaya sendiri.

Selain itu, situasi pandemi dinilai sebagai situasi darurat sehingga pemerintah seharusnya menyediakan vaksin gratis sebagai tanggung jawab untuk melindungi warganya.

Mungkinkah vaksin Covid-19 digratiskan untuk semua warga Indonesia?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers di Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020). (KOMPAS.com/Dian Erika )

Menjawab pertanyaan itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Program Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, skema 30 persen vaksin gratis berbanding 70 persen vaksin mandiri yang diterapkan dalam program vaksinasi Covid-19, merupakan perhitungan awal dari pemerintah.

"Skema pemerintah, di awal kami rencanakan seperti itu, dan ini tentunya melihat situasi ya. Bisa saja 2021 terjadi perubahan proporsi, atau perubahan terhadap skema mandiri," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/12/2020).

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved