Breaking News:

Berita Karanganyar

Candi Cetho Sudah Dapat Digunakan untuk Sembahyang

Umat Hindu sudah dapat sembahyang di kawasan Candi Cetho menyusul dibukanya kembali kawasan itu.

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi. Kawasan situs Candi Cetho yang terletak di Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Umat Hindu sudah dapat sembahyang di kawasan Candi Cetho menyusul dibukanya kembali kawasan tersebut untuk umum sejak pekan lalu. 

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi menyampaikan, sejak ditutupnya kawasan tersebut selama PPKM tahap pertama dan kedua, umat Hindu melakukan sembahyang di tempat ibadah di luar kawasan candi. 

"Kalau sembahyang belum ada yang bersifat rombongan, masih bersifat keluarga," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (22/2/2021). 

Sedangkan aktivitas sembahyang serta upacara adat yang menghadirkan banyak orang harus izin terlebih dahulu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jateng.

Nardi sapaan akrabnya menuturkan, dengan dibukanya situs Candi Cetho, pemanfaatannya baru sebatas kunjungan wisata serta ibadah dengan jumlah terbatas. 

Seperti diketahui bersama, selain menjadi objek wisata, Candi Cetho juga menjadi tempat diselenggarakannya upacara adat serta acara keagamaan umat Hindu seperti kuningan dan galungan. 

"Hari Raya Hindu, upacara adat seperti mondosiyo, warga izin dulu ke BPCB untuk mengadakan upacara persembahyangan di candi. Kalau tahun lalu, memang tidak ada kegiatan seperti itu (karena pandemi)," ungkapnya. 

Sementara itu, bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan Candi Cetho dan Sukuh diminta supaya menerapkan protokol kesehatan. Pengelola telah menyediakan fasilitas cuci tangan serta pengecekan suhu tubuh. 

"Pengunjung diminta mengenakan masker dan jaga jarak. Operasional dibatasi mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00," jelas Nardi. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved