Breaking News:

Pendidikan

Josh Adrian Cahyadi Santoso Siswa SMP Karangturi Semarang Ciptakan Gamelan Soepra Virtual

Josh Adrian Cahyadi Santoso menciptakan Gamelan Soepra Virtual dari SMP Karangturi Semarang.

Tribun Jateng/ Hermawan Endra
Siswa kelas 8 SMP Karangturi Semarang, Josh Adrian Cahyadi Santoso (13) didampingi kedua orangtuanya memperlihatkan inovasi ciptaannya yang diberinama "Gamelan Soepra Virtual". 

Penulis: Hermawan Endra

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Josh Adrian Cahyadi Santoso menciptakan gamelan soepra virtual. 

Seperti apa sih modelnya?

Gamelan soepra virtual adalah sebuah program sederhana untuk memainkan gamelan melalui perangkat komputer maupun laptop.

Hasil karyanya ini berbeda dari aplikasi gamelan virtual yang sudah pernah ada, dikarenakan gamelan soepra adalah gamelan yang bernada kromotis bukan pentatonis. 

Untuk membuat gamelan soepra virtual, anak pertama dari dua bersaudara pasangan Antonius Iwan Santoso dan Eveline ini hanya membutuhkan waktu satu minggu.

Mulai dari merekam suara hingga bisa dioperasionalkan.

Ia berharap melalui penelitian yang dilakukan ini bisa bertujuan untuk membantu terlaksananya pembelajaran daring, maupun permainan virtual ensemble. 

Adapun tahapan pembuatan gamelan soepra virtual adalah dengan merekam suara masing-masing instrument gamelan soepra yaitu bonang, saron, gender, kenong, kempul, belira, dan gambang dengan menggunakan software ableton, live 10 suite, interface sound card edirol U4-4FX, dan mic rode NT2. 

Kemudian mengedit dan memetakan hasil rekaman sesuai dengan range nada masing-masing instrumen gamelan dengan menggunakan software ableton live 10 suite.

Halaman
123
Penulis: hermawan Endra
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved