Breaking News:

Daftar Wilayah Rawan Banjir

Daftar Wilayah yang Alami Cuaca Ekstrem Pekan Ini Menurut BMKG, Waspada Banjir Hingga Tanah Longsor

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah yang akan mengalami cuaca ekstrim pada pekan ini.

Tribun Jateng/Iwan Arifianto
Aktivitas warga terdampak banjir di Trimulyo, Genuk, Kota Semarang, Sabtu (13/2/2021). Sudah sepekan mereka direndam banjir hingga mengeluhkan penyakit gatal-gatal. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis beberapa daerah yang akan mengalami cuaca ekstrim pada pekan ini.

Seiring dengan hal itu, daerah-daerah tersebut juga diimbau waspada akan bencana lain yang menyertai seperti banjir hingga longsor.

Selain Jabodetabek, sejumlah wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan juga berisiko mendapati cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat, hingga berisiko banjir bandang.

Baca juga: Update Banjir di Semarang: Genangan Air Masih Setinggi 30 Centimeter di Wilayah Kayu Mas

Baca juga: Tim PLN Gerak Cepat Amankan Gardu Induk Tambak Lorok dari Banjir

Baca juga: Evaluasi Penanganan Banjir di Kudus, HM Hartopo akan Bentuk Tim Pemeliharaan Tanggul

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) ada sejumlah faktor pemicu yang terpantau berpengaruh terhadap cuaca ekstrem yang bisa terjadi di Indonesia sepekan ke depan.

 
Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/2/2021), menyampaikan bahwa faktor pemicu cuaca ekstrem tersebut adalah puncak musim hujan dan bibit siklon tropis.

1. Puncak musim hujan

Sebagai informasi, sebagian besar wilayah Indonesia yaitu sekitar 96 persen dari 342 Zona Musim (ZOM) saat ini telah memasuki musim hujan.

Seperti prediksi BMKG pada Agustus dan Oktober 2021 lalu, puncak musim hujan di Indonesia yang bisa memicu cuaca ekstrem terjadi pada bulan Januari-Februari 2021.

Di antaranya diperkirakan terjadi di sebagian Sumatera bagian selatan, sebagain Jawa termasuk DKI Jakarta, sebagian Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, sebagian Sulawesi, sebagian Maluku, sebagian Papua Barat dan bagian selatan Papua.

2. Bibit siklon tropis

Halaman
123
Editor: rival al-manaf
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved