Breaking News:

Berita Kudus

Sejumlah Anak Muda di Kudus Ini Bikin Komunitas Bagi-bagi Nasi Bungkus Ke Tunawisma

Sejumlah anak muda mengisi waktu akhir pekan dengan kegiatan sosial. Mereka tergabung dalam Komunitas Berbagi Nasi.

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sejumlah anak muda mengisi waktu akhir pekan dengan kegiatan sosial. Mereka tergabung dalam Komunitas Berbagi Nasi.

Mereka rutin melakukan bagi-bagi nasi bungkus kepada orang-orang yang tidur di emperan rumah toko (ruko) di kawasan Kota Kudus

Mereka yang menerima dari kalangan tukang becak, pengamen, tunawisma, dan pemulung.

Salah seorang anggota yang aktif di komunitas tersebut, Yusron mengatakan, komunitas tersebut mulai terbentuk pada sekira 2010. Dalam rentang waktu 10 tahun itu, kata dia, banyak anggota yang datang dan pergi. 

Hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk berbagj. Saban seminggu sekali, pada Jumat malam atau malam Sabtu, sekira pukul 21.00 WIB, anggota komunitas tersebut berkumpul di satu ruko di dekat Gang IV,  Jalan Ahmad Yani.

"Titik berangkat di sini. Ada 10 orang yang ikut membagikan. Setelah itu berkeliling di rute tetap yang kami biasa lewat," kata dia kepada Tribun Jateng, Jumat, (12/3/2021).

Dari titik berangkat itu, meraka akan berkeliling hingga ke Pasar Bitingan, terminal, dan area bekas bangunan mal matahari.

Menurutnya, setiap kali membagikan nasi kadang bisa mencapai ratusan nasi bungkus. Namun, jumlah tersebut tidak pasti karena tergantung donasi yang diterima.

"Nasi ini dari donasi teman-teman, kadang ada yang nitip.  Banyak kalangan yang jadi donatur," imbuhnya.

Dia juga menyilakan kepada siapa saja yang mau menjadi donatur untuk gerakan berbagi nasi ini. 

Caranya, kata dia, bisa menemui langsung di titik berangkat pembagian nasi, yakni di depan Kospin Jaya. Atau bisa cara lain, yakni dengan transfer ke rekening Bank Mandiri 1350-0143-7521 atas nama Yan Rifki Setiawan.

Dia berharap dengan gerakannya ini bisa membantu kalangan rentan. Orang-orang yang tidur di pinggir-pinggir jalan tidak kelaparan.(yun)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved