Breaking News:

Berita Batang

65 Ribu Lansia di Kabupaten Batang Ditarget Terima Vaksin Covid-19

Sebanyak 65 ribu warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Batang ditargetkan menerima vaksinasi Covid-19.

Tribun Jateng/Dina Indriani
Sejumlah lansia sedang mengantre untuk menerima vaksin Covid-19 di RS QIM Batang, Senin (15/3/2021) 
Sejumlah lansia sedang mengantre untuk menerima vaksin Covid-19 di RS QIM Batang, Senin (15/3/2021)
Sejumlah lansia sedang mengantre untuk menerima vaksin Covid-19 di RS QIM Batang, Senin (15/3/2021) (Tribun Jateng/Dina Indriani)

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebanyak 65 ribu warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Batang ditargetkan menerima vaksinasi Covid-19.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Batang, Yuli Suryandaru mengatakan saat ini data lansia belum sepenuhnya terkumpul, maka pihak Dinkes masih berupaya semaksimal mungkin mendata lansia yang patut divaksin melalui aparat desa setempat.

“Sampai saat ini vaksin yang digunakan adalah Sinovac, khusus para lansia, Dinkes menyiapkan 3 rumah sakit yaitu RSUD Batang, RSUD Limpung dan RS QIM, sedangkan 21 Puskesmas digunakan vaksinasi untuk pelayan publik,” tuturnya, Senin (15/3/2021).

Pihaknya telah mengundang 1.400 lansia, namun saat ini baru 700 orang yang telah divaksin.

Rentang usia lansia yang akan divaksin yakni di atas 60 tahun. Berbeda dengan kelompok usia yang lebih muda, untuk lansia jarak pemberian vaksin dosis pertama dengan kedua jaraknya mencapai 28 hari. 

“Lansia yang akan divaksin harus melalui tahapan skrining, kalau memang layak akan langsung divaksin, tetapi kalau sebaliknya ya kita tunda,” jelasnya.

Beberapa kriteria lansia yang tidak diperkenankan vaksin, antara lain : mengalami kelumpuhan atau stroke, tidak mampu menaiki 10 anak tangga.

"Sedangkan lansia yang diperbolehkan vaksin yaitu mampu berjalan kaki sepanjang 100 meter dengan baik, mampu menaiki 10 anak tangga dengan lancar, tidak ada penurunan berat badan secara drastis selama 1 tahun," pungkasnya.(*)

Penulis: dina indriani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved