Breaking News:

Berita Batang

Tunjang KIT Batang, Pemkab Batang Segera Bangun Mal dan Hotel

Untuk menunjang KIT, Pemkab Batang bekerjasama dengan investor akan membangun mal dan hotel.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Dina Indriani
Wabup Suyono saat memimpin diskusi persiapan pembangunan mall dan hotel di Aula Disperindagkop dan UKM, Kabupaten Batang, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Untuk menunjang keberadaan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan investor akan membangun mal dan hotel yang berlokasi bersebelahan dengan Hutan Kota Rajawali (HKR), Batang Teras Pandawa dan Gor Indoor Batang.

Wakil Bupati Batang Suyono mengatakan rencana pembangunan mall dan hotel didasari karena melihat perkembangan Batang yang saat ini sedang berproses menuju Kota Industri. 

“Pembangunan tersebut untuk menyambut KIT, karena akan banyak tamu yang datang dari perusahaan-perusahaan besar agar tetap menginap di Kota Batang,” tutur Suyono usai memimpin diskusi persiapan pembangunan mall dan hotel di Aula Disperindagkop dan UKM, Kabupaten Batang, Rabu (17/3/2021).

Dikatakannya, dengan adanya mall dan hotel nantinya pasti ada nilai tambah dari pajak hunian hotel atau kuliner yang ada di sekitarnya.

"Tujuan utamanya karena Kabupaten Batang ingin lebih maju dan punya hotel yang representatif bintang empat, yang bisa dibanggakan masyarakat,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan, Pemkab Batang memilih lokasi mall dan hotel bersebelahan dengan Kawasan HKR dengan luas memcapai 5 hektar, karena dinilai potensial untuk meningkatkan pergerakan dunia bisnis di Kota Batang.

“Hotelnya nanti berlantai tujuh, lembangunannya dikerjasamakan menggunakan skema Build Operate Transfer (BOT), kerja sama antara pemerintah dan investor untuk pengelolaan infrastruktur hingga penyediaan sarana prasarana penunjangnya," imbuhnya.

Pemkab Batang berencana memulai pembangunannya April mendatang, namun tetap memperhatikan kelengkapan persyaratan sesuai prosedur.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati mengharapkan di tahun 2022 pada triwulan satu atau dua, sudah ada hotel dan mall,” ujarnya. 

Saat ini Pemda melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Batang, sedang menyelesaikan segala persiapan, agar proses pembangunan segera dimulai.

“Jadi kita sudah mempersiapkan tim penaksir, tim panitia lelang dan saat ini kami sedang menunggu SK Bupati, kaitannya penunjukan lokasi dan pengguna anggaran," terangnya.

Menurutnya, melihat pertumbuhan jumlah penduduk Kabupaten Batang yang berkisar 8 ribu orang, maka tepat bila mall dan hotel perlu dibangun, untuk meningkatkan perekonomian warga.

“Kota Batang juga semakin berkembang mulai dari PLTU dan KIT yang sedang dalam proses pembangunan, mal dan hotel itu bisa mengundang banyak pengunjung,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved