Breaking News:

CPNS

Formasi CPNS Tahun 2021 Akan Diumumkan Akhir Maret

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan kuota CPNS tahun ini akan menyesuaikan kebutuhan yang ada pada masing-masing daerah Kabupaten/Kota.

Penulis: M Nafiul Haris | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Nafiul Haris
Menpan-RB Tjahjo Kumolo saat melakukan kunjungan kerja di Kota Salatiga, Jumat (19/3/2021). 

Penulis: M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 akan diumumkan secara menyeluruh pada Maret 2021.

Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan kuota CPNS tahun ini akan menyesuaikan kebutuhan yang ada pada masing-masing daerah Kabupaten/Kota sesuai usulan kepada pemerintah pusat.

"Rencana akhir Maret nanti kuota formasi CPNS tahun ini akan kami umumkan detail," terangnya kepada Tribunjateng.com, seusai meresmikan Mal Pelayanan Publik di Kota Salatiga, Jumat (19/3/2021).

Menurut Tjahjo, meski akibat pandemi virus Corona (Covid-19) banyak tenaga medis maupun dokter meninggal karena terpapar lowongan CPNS diakuinya tidak selalu lebih besar sasaran tenaga kesehatan. 

Ia menambahkan, meski demikian sampai sekarang diakui kebutuhan guru atau tenaga pengajar terbilang masih tinggi. Kemudian penyuluh pertanian, penyuluh BKKBN, dan sebagainya. 

"Jadi kami mengacu kebutuhan ya, bukan keinginan. Tetapi paling utama guru sekira 1 juta tahun ini, kekurangan tahun depan. Lalu tenaga penyuluh akan kami perbanyak," katanya.

Sementara menyambut libur hari raya Idul Fitri disampaikan larangan cuti lebaran bagi aparatur sipil negara (ASN) masih menunggu rekomendasi dari Satuan Tugas Penanganan Virus Corona (Covid-19). 

Dia juga mendorong ASN tetap produktif ditengah pandemi virus Corona.

Terkait cuti Menpan-RB akan menunggu hasil kesiapan Gugus Tugas mengenai perkembangan kasus. 

"Khusus TNI-Polri dan ASN nanti harus patuh bagaimana keputusan Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan RI. Itu yang akan menjadi acuan Kemenpan-RB tetapi kemarin sudah diputuskan ada pengurangan," ujarnya.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved