Breaking News:

Berita Karanganyar

Material Longsor Menutup Badan Jalan Akses Utama Dusun Pengkok Beruk Karanganyar

Tebing setinggi sekitar 35 meter longsor dan menutup akses jalan utama di Dusun Pengkok, Desa Beruk.

Istimewa
Proses pembersihan material longsor yang menutup badan jalan di Dusun Pengkok Desa Beruk Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, Jumat (19/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Diguyur hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tebing setinggi sekitar 35 meter longsor dan menutup akses jalan utama di Dusun Pengkok Desa Beruk Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar

Berdasarkan infromasi yang dihimpun Tribunjateng.com, longsor terjadi pada Kamis (18/3/2021) sekira pukul 20.00. Longsoran itu menutup badan jalan sepanjang sekitar 25 meter. Selain menutup badan jalan, longsoran juga merusak ladang milik warga sekitar.

Plt Camat Jatiyoso, Kusbiyantoro menyampaikan, material longsor yang menutup badan jalan menghambat mobilitas warga sekitar yang hendak ke pasar maupun ke ladang.

Mengingat jalan tersebut merupakan akses warga sekitar menuju ke wilayah Wonorejo maupun ke perkotaan. Di Dusun Pengkok ada sekitar 125 rumah. 

"Dusun Pengkok itu wilayah paling timur. Tadi sepeda motor sudah bisa lewat. Tapi ya hati-hati. Semoga saja hari ini tidak hujan dan tidak terjadi longsor susulan," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (19/3/2021). 

Evakuasi material longsor yang menutup badan jalan sudah dilakukan sejak pagi tadi. Evakuasi dilakukan secara manual. Kusbiyantoro menuturkan, semula berencana akan mengerahkan alat berat untuk mempercepat proses evakuasi.

Akan tetapi medan di wilayah tersebut tidak memungkinkan untuk alat berat masuk. Pasalnya jalan tersebut hanya yang cukup dilalui satu mobil saja. 

"Antisipasi selain membersihkan material longsor, tebing sebelah barat dikepras supaya tidak terjadi longsor susulan," ucapnya. 

Terkait bantuan untuk warga sekitar, lanjutnya, Dinas Sosial telah mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga.

Kabid Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinsos Karanganyar, Gunarto menuturkan, bantuan sembako telah didistribusikan pagi tadi.

"Kita memberikan bantuan paket sembako kepada 125 KK yang terisolir. Masing-masing berupa 10 Kg beras dan 1 kardus mie instan," ungkapnya.

Kalakhar BPBD Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto mengungkapkan, warga sekitar, relawan dan instansi lainnya gotong royong membersihkan material longsor yang menutup badan jalan sejak pagi tadi. 

"Ini sudah 70 persen. Setelah jumatan dilanjutkan lagi. Nanti sore kemungkinan sudah selesai," ungkapnya. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved