Breaking News:

Berita Demak

Pegiat Budaya di Demak Harap Masyarakat Bisa Bentuk Desa Jadi Kampung Budaya

Wakil Ketua Lesbumi NU Kudus Jesy Segitiga mengatakan proses terbentuknya Kampung Budaya di Piji Wetan di Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mel

Istimewa
iskusi yang mengangkat tema "Pemajuan Kebudayaan Desa melalui Komunitas Budaya" digelar Dukuh Gebyok,  di Komunitas Rumah Kita (Koruki), Dukuh Gebyok, Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Sabtu, (20/3/2021).(IST). 

Penulis Muhammad Yunan Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Proses terbentuknya kampung budaya membutuhkan proses yang tidak sederhana.

Wakil Ketua Lesbumi NU Kudus Jesy Segitiga mengatakan proses terbentuknya Kampung Budaya di Piji Wetan di Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus melalui proses yang sulit.

Akan terapi dengan kerjasama dan soliditas antarwarga hal itu bisa dicapai.

"Latar belakang terciptanya Kampung Budaya Piji Wetan berawal dari keikutsetaan komunitas budaya di Kota Kretek tersebut dalam program yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

" Ternyata Kampung Piji Wetan mendapat juara dan menerima uang pembinaan sebesae Rp 50 juta maka warga merasa bertanggungjawab untuk mengembangkan potensi desa menerima dana tersebut," kata Jesy.

Menurutnya, atas dasar itulah para pegiat budaya di desa yang berada di lereng Gunung Muria membuat program rutin bulanan dengan beragam matersi seperti jurnalistik, foklore, kuliner khas Kudus, permainan tradisional anak-anal, taman dolanan, dan yang lain.

Yang tidak diduga-duga, kata dia, melalui program tersebut karakteristik asli warga Kampung Piji Wetan mulai terlihat.

"Salah satunya kentalnya gotong royong dan silahturahmi," imbuhnya.

Satu bukti dari kentalnya dua hal tersebut adalah masyarakat bisa sukarela menyumbangkan materi ataupun tenaga untuk setiap kegiatan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved