Breaking News:

Berita Karanganyar

Vaksinasi Saat Bulan Puasa di Karanganyar Diharapkan Bisa Fleksibel

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat bulan puasa di Kabupaten Karanganyar diharapkan bisa fleksibel. 

Tribun Jateng/Agus Iswadi
Ilustrasi. Pedagang pasar di Karanganyar saat menerima vaksin Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 saat bulan puasa di Kabupaten Karanganyar diharapkan bisa fleksibel. 

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi saat puasa sebenarnya tidak membatalkan puasa karena itu bukan dalam rangka makan dan minum. Namun di sisi lain juga harus menghormati bagi masyarakat yang memiliki pemahaman vaksinasi itu bisa membatalkan puasa. 

"Imunisasi ini untuk kesehatan. Pengaruh terhadap orang puasa sebenarnya tidak ada. Takut kalau, katanya sebelum imunisasi harus sarapan dulu. Kalau puasa makan kita kan pas sahur. Sekali lagi saya merasakan sendiri, setelah imunisasi saya tidak merasakan apa-apa, tidak berpengaruh terhadap penurunan stamina," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (22/3/2021). 

Lanjutnya, bahkan MUI juga sudah mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi saat puasa tidak apa-apa dan tidak membatalkan. Sehingga menurutnya, dinas terkait bisa mengakomodir keduanya. 

"Jadi pemahaman vaksin di bulan ramadhan tidak membatalkan diakomodir siang hari. Yang pemahaman tidak boleh, diakomodir malam hari habis buka atau bagaimana tapi dibatasi kuotanya," terangnya.  

Terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Nuk Suwarni menuturkan, sejumlah tenaga kesehatan berharap pelaksanaan vaksinasi di bulan ramadhan seperti biasanya akan tetapi kuotanya dibatasi. 

"Memang ada saran vaksinasi di bulan puasa dilaksanakan malam hari atau setelah buka puasa. Kalau kami mengusulkan vaksinasi ini seperti hari biasa tapi jumlahnya tidak sebanyak hari biasa," ungkapnya. 

Dia mengatakan, kondisi setiap individu memang berbeda-beda. Sehingga dia mempersilakan melihat kondisi masing-masing. Bagi calon penerima vaksin yang tetap ingin menjalankan puasa saat divaksin dipersilakan. Kemudian mereka yang tidak mampu puasa saat divaksin karena kondisi tertentu juga dipersilakan. (*)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved