Breaking News:

Berita Karanganyar

Museum Dayu Gondangrejo Karanganyar Diperkirakan Beroperasi Dalam Waktu Dekat

Museum Dayu yang terletak di Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar diperkirakan segera beropreasi

Istimewa
Museum Dayu yang terletak di Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Museum Dayu yang terletak di Desa Dayu Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar diperkirakan segera beropreasi dalam waktu dekat. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, terkait persiapan operasional Museum Dayu akan dirapatkan antara dinas terkait dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran pada Rabu (31/3/2021). 

"Baru dirapatkan Rabu depan untuk launching. Perkiraan saya awal April sudah bisa buka," katanya kepada Tribunjateng.com, Jumat (26/3/2021). 

Dia menjelaskan, apabila nantinya sudah diizinkan untuk beroperasi kembali tentu dinas akan menerapkan aturan pembatasan kapasitas pengunjung, waktu operasional serta protokol kesehatan.

Sesuai Instruksi Bupati Nomor 180/9/2021 tentang perpanjangan PPKM mikro mulai 23 Maret hingga 5 April 2021, daya tarik wisata dibatasi jumlah pengunjungnya 50 persen dari kapasitas normal dan waktu operasonalnya dibatasi hingga pukul 17.00. 

Titis menjelaskan, kapasitas normal dari Museum Dayu sekitar 1.000 orang per hari. Tentunya melihat kondisi pandemi seperti saat ini terkait kapasitas pengunjung tidak ada kendala. 

Dalam penerapan protokol kesehatan terutama dalam sektor pariwisata, lanjutnya, menjalankan protokol kesehatan bukan untuk mentaati peraturan melainkan sebagai strategi promosi wisata yang aman dan nyaman.  

"Menjalankan protokol kesehatan bukan untuk mentaati peraturan tapi strategi promosi pariwisata," ucapnya. 

Di sisi lain soal vaksinasi bagi pelaku usaha pariwisata, dinas telah menyodorkan data ke Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar. Akan tetapi dalam pelaksanaan vaskinasi tentu dilakukan sesuai wilayah kerja puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan. 

"DKK basisnya wilayah. Jadi nanti tergantung puskesmas. Kita data basisnya sekemen. Sampai saat ini yang sudah divaksin pedagang di Pasar Wisata Tawangmangu," terang Titis. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved