Breaking News:

Berita Karanganyar

Banyak Orangtua Murid Menanyakan Vaksinasi Terhadap Guru

Banyak orang tua murid di SMPN 1 Karanganyar yang menanyakan vaksinasi terhadap guru menyusul.

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Banyak orang tua murid di SMPN 1 Karanganyar yang menanyakan vaksinasi terhadap guru menyusul adanya rencana uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) pada awal April 2021. 

SMPN 1 Karanganyar menjadi satu dari lima sekolahan yang bakal melakukan uji coba PTM selain SMAN 1 Karanganyar, SMKN 1 Karanganyar, MAN 1 Karanganyar dan MTs N 2 Karanganyar.

Kepala SMPN 1 Karanganyar, Drajat Sri Widodo menyampaikan, vaksinasi terhadap para guru merupakan persiapan yang dinantikan sebelum dilaksanakannya PTM pada bulan depan. Selain persiapan sarana dan prasarana protokol kesehatan. 

Sebanyak 54 guru dan karyawan di SMPN 1 Karanganyar telah menjalani vaksinasi dosis pertama di RSUD Karanganyar hari ini. Dia menuturkan, sebelumnya banyak orang tua murid yang menanyakan apakah guru sudah divaksin sebelum dimulainya PTM.

"Alhamdulilah hari ini sudah divaksin tinggal penyuntikan kedua. Minimal kita sudah divaksin dulu. Banyak orang tua tanya, sudah ada kegiatan uji coba PTM apakah (guru) sudah divaksin, ada seperti itu. Kemarin saya jawab belum," katanya kepada Tribunjateng.com, Senin (29/3/2021).

Dia menjelaskan, semula memang dari Pemkab Karanganyar sudah mulai melakukan pendataan terhadap para guru melalui puskesmas setempat, tidak hanya guru SMPN 1 Karanganyar saja. 

"Saya menjadi kurang nyaman, kita sudah mengundang anak untuk PTM, sementara gurunya belum divaksin. Tapi sekarang sudah nyaman menjawabnya. Sekarang kita sudah siap dari guru disamping sarana dan prasarana. Kalau sarana dan prasarana memang sudah siap. Justru yang kami nanti memang vaksin," ungkapnya. 

Kabid Penunjang Medis dan Non-Medis RSUD Karanganyar, Katarina Iswati mengatakan, ada sebanyak 167 guru dari dua sekolahan yang menjalani vaksinasi di RSUD Karanganyar. Baik itu guru MTs N 2 Karanganyar dan SMPN 1 Karanganyar

"Data dari DKK. Penyuntikan kedua minimal sekarang menunggu 14-28 hari. Untuk mempermudah penyuntikan kedua (menunggu) 28 hari. Sembari melihat ketersediaan dosis. Penyuntikan dilakukan hari ini saja," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DKK Karanganyar, Purwati mengungkapkan, guru dari lima sekolahan yang bakal menjalani uji coba PTM sudah menerima vaksin dosis pertama hari ini. 

Total ada 435 guru baik PNS maupun Non-PNS dari lima sekolahan. Vaksinasi dilakukan di RSUD Karanganyar dan PKU Muhammadiyah. Sedangkan penyuntikan dosis kedua masih menunggu kiriman dari Dinkes Jateng. 

"Ini khusus untuk PTM. Sebenarnya kita tidak dapat dosis, kita mintakan ke provinsi memakai vaksin yang ada dulu. Kemarin itu datang 1.140 (vial). Itu 1.000 untuk penyuntikan kedua lansia dan sisanya untuk RSAU. Makanya (vaksinasi) guru sama mintakan khusus dari provinsi," jelasnya.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved