Breaking News:

Berita Karanganyar

Sebanyak 1.600 Batang Rokok Ilegal di Karanganyar Berhasil Diamankan Tim Gabungan

Tim gabungan dari Satpol PP Karanganyar, Satpol PP Jateng dan Bea Cukai Solo berhasil mengamankan 1.600 batang rokok ilegal yang diperjualbelikan di t

Istimewa
Tim gabungan saat melakukan sidak peredaran rokok ilegal di wilayah Kabupaten Karanganyar, Selasa (30/3/2021). 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Tim gabungan dari Satpol PP Karanganyar, Satpol PP Jateng dan Bea Cukai Solo berhasil mengamankan 1.600 batang rokok ilegal yang diperjualbelikan di toko kelontong yang ada di Kabupaten Karanganyar, Selasa (30/3/2021).

Rokok ilegal itu disita dari empat toko kelontong yang ada di empat kecamatan yakni Kecamatan Kebakkramat, Matesih, Jumapolo dan Mojogedang.

Kasi Penindakan Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Joko Purwanto menyampaikan, anggota sudah melakukan pengintaian di toko yang menjadi sasaran razia beberapa hari sebelum dilakukan penindakan.

Rata-rata toko kelontong itu berada di wilayah perbatasan antar kecamatan. Rokok ilegal isi 20 batang per bungkus itu dijual dengan harga berkisar Rp 5.000 hingga Rp 6.000.

"Pembelinya petani. Mereka ini mencari rokok yang murah. Harganya Rp 5.000 sampai Rp 6.000 dapat satu bungkus," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com.

Dia menjelaskan, penjual rokok ilegal tersebut lantas diberikan pembinaan supaya tidak menjual rokok itu kembali. Rokok yang berhasil diamankan itu lantas diserahkan kepada pihak Bea Cukai Solo.

Apabila kedapatan menjual rokok ilegal itu tentu akan ditindak oleh Bea Cukai Solo. Lantaran peredaran rokok ilegal tersebut terjadi di wilayah perbatasan, Joko menduga, penjual mendapatkan pasokan dari luar Karanganyar.

Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Yophy Eko Jati Wibowo menambahkan, kedepannya akan lebih rutin melaksanakan sidak terhadap peredaran rokok ilegal di Karanganyar.

"Kami mengimbau seluruh warga Karanganyar tidak membeli maupun menjual rokok ilegal karena melanggar aturan. Ada hukuman pidana menanti," imbuhnya. (Ais)

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved