Breaking News:

Ganjar Pranowo

Ganjar: Sekarang Kalau Masuk Hotel, Welcome Drink dan Kuenya dari UMKM Jateng

Kerja sama antara hotel dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan upaya menaikkan kelas produk UMKM di Jawa Tengah.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri acara UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel, Semarang, Senin (5/4/2021). 

UMKM Jateng Naik Kelas, Isi Stand di Hotel-hotel

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kerja sama antara hotel dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan upaya menaikkan kelas produk UMKM di Jawa Tengah.

Untuk itu pelaku UMKM diminta bisa menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menghadiri acara UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel, Semarang, Senin (5/4/2021).

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara empat hotel di bawah naungan Accor Group dengan koperasi dan UMKM di Jawa Tengah.

"Ini tindak lanjut, bukan yang pertama. Ini kisah serial berikutnya. Saya berterima kasih dengan Accor Group, tidak hanya di Semarang tetapi juga di Solo dan Surabaya. Kita mencoba kerja sama, jadi kita gandeng produk UMKM, terus kemudian kita taruh di hotel. Setidaknya di hotel ini kopi sudah ada stand-nya, ada pojok untuk UMKM dan mini bar juga sehingga orang bisa langsung mencicipi produk lokal kita," kata Ganjar usai acara.

Ganjar menjelaskan kerja sama ini merupakan bentuk pertemuan hotel atau pengusaha yang menjadi off taker produk-produk UMKM.

Menaikkan kelas UMKM dengan cara tersebut merupakan mimpi yang tifak terlalu tinggi tetapi konkret.

"Maka ini cara yang paling pas. Mimpi tidak usah gede-gede tapi konkret. Jadi sekarang kalau masuk hotel, welcome drink-nya dari masyarakat, kuenya langsung dari UMKM. Kalau itu bisa ketemu maka akan menggelinding dengan cepat," jelasnya.

Ia menambahkan, ketika pertemuan tersebut sudah terjalin maka yang perlu menjadi perhatian adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk UMKM. Artinya produk-produk UMKM yang bisa masuk ke hotel tersebut telah melewati seleksi kualitas. Termasuk pendukungnya seperti cerita, narasi, atau story telling dari produk tersebut.

Halaman
12
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved