Breaking News:

Pemkab Tegal Perbolehkan Umat Salat Tarawih Berjamaah

Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, mengeluarkan kebijakan untuk memperbolehkan kegiatan ibadah.

Tribunjateng.com/Reza Gustav Pradana
Ilustrasi Salat Tarawih. 

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia, mengeluarkan kebijakan untuk memperbolehkan kegiatan ibadah selama bulan suci ramadan. 

Namun karena masih dalam masa pandemi Covid-19, dikeluarkanlah aturan teknis melalui surat edaran nomor SE 03 tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadan dan idul fitri tahun 1442 Hijriyah/2021. 

Informasi tersebut, disampaikan oleh Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Tegal Ahmad Syaifuddin Zuhri, saat ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Syaifuddin menjelaskan, secara garis besar dalam surat edaran tersebut ada empat poin penting yang wajib diketahui oleh masyarakat.

Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Tegal Ahmad Syaifuddin Zuhri, saat ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).
Kasi Bimas Kemenag Kabupaten Tegal Ahmad Syaifuddin Zuhri, saat ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021). (Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika)

Pertama, umat islam boleh melakukan ibadah baik di musala atau masjid di wilayah masing-masing.

Dengan kata lain tidak ada pembatasan semisal lansia atau anak-anak tidak boleh ke musala, untuk ramadan kali ini siapapun diperbolehkan.

Kedua, kegiatan selama ramadan harus mematuhi protokol kesehatan. Tujuannya untuk pencegahan dan menekan penyebaran Covid-19 secara ketat.

Otomatis melalui poin kedua ini jemaah yang akan salat di musala atau masjid harus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Begitu juga bagi jemaah yang merasa kurang sehat, tidak fit, lebih baik melakukan ibadah di rumah saja dan tidak dianjurkan ke musala.

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved