Breaking News:

Berita Kudus

Ditargetkan Bisa Ikuti Expo di Luar Negeri, 50 UMKM Demak Ikuti Pelatihan

50 pelaku UMKM Kabupaten Demak yang fokus di bidang pengolahan bahan dari laut mengikuti pelatihan.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Yunan Setiawan
Sebanyak 50 pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) Kabupaten Demak yang fokus di bidang pengolahan bahan dari laut mengikuti pelatihan pengembangan produk dan pemasaran di Hotel Griptha, Kudus, Selasa, (6/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sebanyak 50 pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) Kabupaten Demak yang fokus di bidang pengolahan bahan dari laut mengikuti pelatihan pengembangan produk dan pemasaran di Hotel Griptha, Kudus, Selasa, (6/4/2021).

Wakil Ketua DPRD Demak Zayyinul Fatta mengatakan, kegiatan tersebut untuk memulihkan spriti pelaku UMKM yang sudah setahun lenih terdampak pandemi. Dalam pelatihan ini, kata dia, pihaknnya menggandeng perbankan, pihak swasta, dinas kelautan dan perikanan, dan dinas UMKM.

"Pelatihannya selama duabi mereka dilalatih dari teknik produksi pengolahan laut, marketing (pemasaran,), packaging (pengemasan)  dan manajemen pengelolaan," kata Zayyinul kepada Tribun Jateng.

Menurutnya, selama ini pelaku UMKM serba terbatas dan serba konvensional. Juga tidak tersentuh permodalan yang baik. Setelah ada CSR Sampoerna, ujar dia, UMKM Demak bisa lebih  baik.

Dia menyampaikan pelaku UMKM ini merupakan mitra PKB. Selanjutnya, pihaknya akan terus mendorong pihak yang digandeng PKB untuk bisa mengembangkan UMKM.

"Kita akan terus bina pelaku UMKM. Kita bantu assesment permodalan dan daya serap produknya. Karena nanti kalau bisa jadi unggulan daerah itu luar biasa," ucap pria yang juga menjabat Sekjen DPC PKB Demak itu.

Dia berharap pelaku UMKM yang sudah menghasilkan produk olahan laut seperti krupuk, abon, dan yang lain, bisa tumbuh subur. Juga bisa tembus target ikut expo di luar negeri.

Sementara salah seorang pesera Ida Kustiani menceritakan, pengalaman ini sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnisnya. Pasalnya, kata dia, selama ini pelaku UMKM seperti dirinya hanya bisa memproduksi tapi sering terkendala pemasaran.

Selama mengikuti pelatihan dia mendapat banyak ilmu seperti membuat bungkus produk yang menarik di pasar dan cara memasarkannya.

"Ini pelatihan yang sangat menarik dan bisa jadi inspirasi," kata pekaku UMKM krupuk kulit ikan itu.

Dia berharap setelah pelatihan ini bisa memasarkan produknya dengan baik. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved