Breaking News:

Penanganan Corona

DKK Karanganyar Persilakan RS Kurangi Tempat Tidur Pasien Corona

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mempersilakan rumah sakit rujukan Covid-19 mengurangi kapasitas tempat tidur pasien corona.

Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Ruang tempat isolasi pasien Covid-19 di RSUD Karanganyar. 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mempersilakan rumah sakit rujukan Covid-19 mengurangi kapasitas tempat tidur (TT) untuk penanganan pasien Covid-19. 

Kabid Pelayanan dan Kesehatan DKK Karanganyar, Dwi Rusharyanti menyampaikan, dari 8 rumah sakit rujukan di wilayah Karanganyar, total TT untuk penanganan Covid-19 ada sejumlah 228 TT dan 27 TT ICU. 

Dari 8 rumah sakit rujukan ada satu rumah sakit swasta yang mengajukan surat ke dinas untuk melakukan efisiensi atau pengurangan kapasitas TT untuk Covid-19. Dwi menuturkan, belum tahu detail berapa TT yang akan dikurangi. Namun setelah dicek data TT, belum ada pengurangan TT di rumah sakit tersebut.

"Pada prinsipnya kami mempersilakan tapi harus komitmen. Sewktu-waktu dibutuhkan siap untuk menambah," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Rabu (7/4/2021). 

Dia menjelaskan, dibandingkan dengan minggu lalu ada peningkatan jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan pada minggu ini. Dari total 228 TT terisi sejumlah 98 TT. Sedangkan untuk TT ICU dari 27 TT terisi sejumlah 14 TT. 

"Kita masih fluktuatif. Minggu lalu 60 TT yang terisi. Minggu ini 98 TT. Ada kenaikan. Kalau dibandingkan beberapa bulan lalu masih banyak kekosongan, artinya kasus (pasien Covid-19) yang dirawat di rumah sakit turun," ungkapnya.

Sebelumnya, RSUD Karanganyar juga berencana mengurangi kapasitas TT untuk pasein Covid-19. Dwi menjelaskan, belum ada surat pengajuan dari RSUD Karanganyar untuk mengurangi kapasitas tempat tidur. 

Terpisah, Kabid Yanmed RSUD Karanganyar, Kristanto mengatakan, rumah sakit belum melakukan pengurangan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19. Hingga saat ini dari 119 TT untuk pasien Covid-19, terisi sejumlah 60 TT. 

"Masih kita pantau, perkembangan kasus dan arahan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng," terangnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjateng.com dari DKK Karanganyar pada Selasa (6/4/2021), tercatat ada 254 kasus positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 157 menjalani isolasi mandiri dan sisanya 97 menjalani rawat inap.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved