Breaking News:

Berita Blora

Tribun Forum: Bandara Ngloram Sebagai Gerbang Investasi Blora

Pemerintah Kabupaten Blora tengah berbenah untuk meningkatkan taraf ekonomi waraganya.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: rival al manaf
Istimewa
Landasan pacu Bandara Ngloram, Cepu, Blora. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Pemerintah Kabupaten Blora tengah berbenah untuk meningkatkan taraf ekonomi waraganya.

Ada berbagai upaya yang dilakukan, satu di antaranya adalah mengebut target Bandara Ngloram Cepu agar segera beroperasi.

Dalam Tribun Forum yang dipandu oleh Production Manager Tribun Jateng, Rustam Aji, sebagai moderator, menghadirkan para narasumber yakni Bupati Blora, Arief Rahman, kemudian Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Dewandaru, Ariadi Widiawan, dan Senior Manager Sales Citilink, Rahmakika.

Berikut ini kutipannya:

Baca juga: Ribuan Pelajar SMA Ikuti Program Magang G3NESIS Telkomsel

Baca juga: BREAKING NEWS: Kecelakaan di Gajahmungkur Semarang, Pemotor Tabrak Bus, Begini Kondisinya

Baca juga: Link Live Streaming PSG vs Bayern Leg Kedua Perempat Final Liga Champions, Kick Off Pukul 02.00 WIB

Kali ini di Tribun Forum mengupas tentang Bandara Ngloram sebagai gerbang investasi Blora. Saya rasa ini adalah hal baru di Blora sebagai sebuah langkah untuk memajukan Blora. Kepada Bapak Bupati ini barangkali bisa memaparkan program untuk Bandara Ngloram ini nanti mau diapakan?

Jadi kami dari Pemerintah Kabupaten Blora, pertama menyampaikan apresiasi penghargaan setingg-tingginya kepada pemerintah pusat bapak presiden pak menteri perhubungan dan juga pada pemerintah provinsi pak gubernur atas dukungannya terhadap Bandara Ngloram, ini salah satu yang masuk pada Perpres 79 menjadi program nasional. Kami sudah difasilitasi baik itu dari sisi pembangunannya, dari pemerintah pusat bangun bandaranya dari pemerintah provinsi dan Pemkab penyediaan lahannya. Sinergi antara pemerintah kabuaten, provinsi, dan pusat ini merupakan suatu yang sangat berharga luar biasa, karena Blora ini salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang masih masuk daerah miskin (zona merah). Pertumbuhannya tahun ini dampak pandemi ini minus. Ini kita harus bangkit. Kita meyakini bahwasanya salah satu yang nanti membangkitkan ekonomi di Blora adalah upaya kita bersama untuk Bandara Ngloram bisa segera beroperasi. Harapan dari masyarakat. Seluruh stakeholder yang kami mintai pendapat pertimbangan ini mimpinya bandara bisa beroperasi sebelum lebaran. Biar orang-orang pada mudik. Orang pada nyekar bisa pulang ke kampung halaman ke Blora dan Cepu. Gayung bersambut dari pihak bandara intens komunikasi salah satunya Citilink, ini terima kasih Citilink sudah merespons mimpi kita agar bandara ini bisa segera beroperasi. Hari ini kami ada pertemuan dengan seluruh stakeholder sambil memetakan pasarnya seperti apa, polanya nanti seperti apa. Saya rasa secara teknis dari sisi kebandaraan ini nanti kira-kira seperti apa. Kita tidak muluk-muluk, bisa didarati pesawat target kami dari Halim ke Cepu seminggu dua kali saja itu sudah sangat luar biasa. Kita harap dukungannya dari pemerintah pusat, provinsi, maupuan ar maskapai untuk upaya kita bersama ini mendapatkan respons dan sebelum lebaran pesawat Citilink mendarat di Bandara Ngloram.

Kemarin sudah diuji coba ya, Pak, hasilnya bagaimana?

Secara teknis pak Kabandara (Ariadi Widiawan) bisa menjelaskan termasuk yang istimewa Pak Mensesneg Pak Menhub Pak Menteri PUPR Pak Gubernur ini sudah mencoba mendarat di Cepu dan beliau berharap ek depannya menjadi salah satu pengungkit, menjadi gerbang ekonomi Jawa Tengah ujung timur. Ini kita kerja sama antarkabupaten, baik Bojonegoro, dari Ngawi, dari Grobogan maupun dari Pati, maupun dari Rembang, Tuban mungkin untuk bicara soal kawasan agar saling mendukung salah satu adalah soal koneksivitas. Ini kalau koneksivitasnya, akses transportasinya bisa lancar, kami yakin pertumbuhan ekonoimi di Blora dan Cepu ini bisa meningkat, termasuk berimbas pada angka pengangguran bisa turun. Ada kemiskinannya juga bisa diturunkan.

Kalau untuk masyarakat Blora sendiri ini dampaknya bagaimana?

Dampaknya sangat bagus dan sangat luar biasa, karena masyarakat Blora yang berada di berbagai tempat ini merindukan Blora ada perubahan. Blora ben ora ngono-ngono wae (biar tidak begitu melulu). Bahasanya begitu. Kemarin ke Pak Kabareskrim Pak Wakabareskrim di Mabes Polri kebetulan beliau berdua ini dari Blora sangat apresiasi, biar berubah ben ora ngono-ngono wae (biar tidak begitu melulu) salah satunya dengan harapan ada bandara ini nanti bisa merubah wajah Blora menjadi lebih maju, menjadi lebih baik, dan tentunya efeknya dirasakan oleh masyarakat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved