Breaking News:

Mudik

Penumpang Kendaraan Luar Kota Masuk Cepu Wajib Cek Hasil Covid-19

Sejumlah kendaraan yang melintas di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tepatnya di Cepu diperiksa oleh aparat gabungan.

Istimewa
Pemeriksaan oleh sejumlah aparat gabungan kepada pengendara di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tepatnya di Cepu. 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Sejumlah kendaraan yang melintas di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur tepatnya di Cepu diperiksa oleh aparat gabungan.

Pemeriksaan tersebut menyasar kendaraan dari luar daerah.

Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, mengatakan, pemeriksaan terhadap pengendara jalan itu berlaku sejak hari ini, Selasa (20/4/2021). Hal itu dilakukan kepada pengendara yang datang dari luar daerah agar mematuhi protokol kesehatan sekaligus persiapan jelang larangan mudik.

"Kami lakukan imbauan protokol kesehatan. Jadi kami akan coba di perbatasan kendaraan dari luar akan kami laksanakan pemeriksaan. Kalau memang dia positif nanti akan kita untuk arahkan rujukan rumah sakit terdekat atau koordinasi dengan daerah asal untuk pengananannya," ujar Wiraga saat ditemui di kantornya.

Sementara itu, Kasatlantas AKP Edi Sukamto, mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan di perbatasan tersebut  merupakan instruksi Kapolda Jateng bahwa Polres yang wilayahnya berbatasan langsung dengan provinsi luar Jawa Tengah melakukan penyekatan di daerah perbatasan.

Dalam pemeriksaan tersebut, kata Edi, selain memeriksa surat kendaraan dan identitas pengendara, petugas gabungan memeriksa kelengkapan surat keterangan hasil pemeriksaan tes Covid-19. Kalau sudah memiliki surat keterangan dengan hasil non reaktif dan masih berlaku, pengguna jalan dari luar kota diizinkan masuk ke wilayah Blora.

"Jika belum memiliki surat keterangan tes Covid-19, pengendara dari luar kota akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas kesehatan dan jika ditemukan warga yang suhu badannya di atas normal akan diarahkan ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Wiraga menambahkan, pemeriksaan ini akan berlangsung sampai 5 Mei 2021. Kemudian pada 6 Mei 2021, pihaknya akan melakukan penyekatan bersamaan dengan berlangsungnya operasi ketupat 2021.

"Penyekatan itu berlangsung dari 6 Mei sampai 17 Mei 2021 pas operasi ketupat candi 2021," ujar Wiraga.

Dalam penyekatan tersebut, kata Wiraga, kendaraan yang boleh masuk wilayah Blora hanya kendaraan pelat eks karesidenan Pati atau pelat K. Selain itu maka akan diarahkan untuk putar balik.

"Kalau warga Bojonegoro yang tinggal di situ tidak apa-apa," kata dia.

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved