Breaking News:

Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala

Kecanggihan Pesawat Poseidon Milik AS yang Ikut Cari Nanggala 402

Inilah Kehebatan pesawat Poseidon P8 atau P-8 Poseidon yang dilibatkan dalam pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan utara Bali sejak Rabu

Editor: m nur huda
Tribunnews/Malvyandie Haryadi
Pesawat Poseidon P8 atau P-8 Poseidon disebut sebagai pesawat pemburu kapal selam dipamerkan dalam ajang Paris Air Show 2019 di Le Bourget, Paris, Prancis, Selasa (18/6/2019). Pesawat ini menjadi andalan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk menetralisir ancaman kapal selam yang beroperasi dari dalam laut. Pameran kedirgantaraan Paris Air Show 2019 berlangsung 17-23 Juni 2019. Saat ini, militer Indonesia meminta bantuan pemerintah Amerika Serikat untuk melibatkan P-8 Poseidon dalam pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan Bali sejak Rabu (21/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM - Inilah Kehebatan pesawat Poseidon P8 atau P-8 Poseidon yang dilibatkan dalam pencarian KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan utara Bali sejak Rabu (21/4/2021).

Hanya 7 negara yang mempunyai pesawat canggih dan mampu mendeteksi kapal selam tersebut. Karena kemampuannya mendeteksi kapal selam, pesawat ini juga disebut pemburu kapal selam.

Beberapa perangkat canggih yang dimiliki pesawat sepanjang 39,47 meter ini adalah High Altitude Anti-Submarine Warfare Weapon Capability (HAAWC) serta AGM-88 Harpoon Anti-Ship Missile.

Baca juga: Purnawirawan Jenderal TNI AL Ini Ungkap Nanggala 402 Didesain untuk Operasi Senyap

Baca juga: Sejumlah Ahli Negara Asing Sebut KRI Nanggala 402 di Kedalaman yang Sulit Dijangkau

Baca juga: Inilah Kondisi Perairan Utara Bali Lokasi Hilang Kapal Selam Nanggala 402, Kedalaman 700 M

Baca juga: Sudah 72 Jam Kapal Selam KRI Nanggala 402 Belum Ditemukan, Ini Penjelasan TNI AL Terkini

P-8 Poseidon juga memiliki sensor hidrokarbon yang digunakan untuk mendeteksi uap bahan bakar kapal selam.

Bagaimana kehebatan lain dari pesawat P-8 Poseidon ini? Simak ulasannya di artikel di bawah ini.

Setelah mengerahkan kapal perang dan mendapat bantuan kapal dari negara tetangga, kini Indonesia mendapat bantuan pesawat P-8 Poseidon dari Amerika Serikat.

Pesawat tersebut dikabarkan sudah tiba di Bali sejak Jumat 23 April 2021.

Informasi mengenai kedatangan pesawat pemburu kapal selam tipe Poseidon P8 disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Achmad Riad.

Menurut Riad, personel Angkatan Udara AS yang akan mengawaki pesawat P-8 Poseidon sudah tiba di Bali.

"Tim dari Poseidon yang nanti akan sebagai operator ataupun membantu P-8 Poseidon Amerika dari US Airforce yang mudah-mudahan bisa datang malam atau dini hari nanti, akan membantu proses pencarian, timnya sudah datang di sini tadi untuk berkoordinasi," kata Riad saat konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Halaman
1234
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved