Breaking News:

Ramadan 2021

Dinkes dan DisdagkopUKM Kab Tegal Sidak ke Swalayan, Temukan Produk Kadaluwarsa dan Kemasan Rusak

Sejak pagi, tim dari Satgas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal bersama tim dari DisdagkopUKM melakukan sidak

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Foto berlangsungnya sidak oleh tim dari Satgas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal bersama tim dari DisdagkopUKM di Toserba Yogya Slawi, Selasa (4/5/2021). Pada sidak kali ini ditemukan beberapa produk yang hampir kadaluwarsa dan kemasan penyok (rusak). 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 tinggal menghitung hari, persiapan mulai dilakukan termasuk melaksanakan sidak ke beberapa pasar tradisional, swalayan, tempat grosir, untuk memantau bahan pangan apakah aman dan layak atau tidak.

Sejak pagi, tim dari Satgas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal bersama tim dari DisdagkopUKM melakukan sidak ke beberapa tempat.

Mulai dari pasar Trayeman Slawi, pasar Banjaran Adiwerna, dilanjut ke Lotte Grosir Tegal, dan terakhir di Toserba Yogya.

Hasil dari sidak di dua swalayan yang berbeda, ditemukan beberapa produk yang sudah kadaluwarsa, ada juga yang hampir mendekati bulan kadaluwarsa, dan ada juga yang kemasannya rusak atau tidak sesuai urutan.

"Kalau di swalayan satu daerah Adiwerna tadi kami menemukan beberapa produk yang sudah kadaluwarsa seperti mie instan dan minuman. Selain itu juga ditemukan produk yang mendekati kadaluwarsa, padahal seharusnya karena produk berupa makanan tiga bulan sebelumnya harus sudah diretur," jelas Tim Satgas Obat dan Makanan Dinkes Kabupaten Tegal Toipah, pada Tribunjateng.com, Selasa (4/5/2021).

Ditanya mengenai jumlah temuannya berapa, Toipah mengaku sangat banyak karena tidak mungkin mengecek semuanya. Sehingga tadi ada 20an sampel makanan yang diperiksa.

Adapun untuk jenisnya sendiri beragam, ada makanan, minuman, bumbu dapur, dan masih banyak lagi.

"Jangan sampai masyarakat membeli tapi nanti ada laporan kalau ternyata kadaluwarsa. Menurut saya quality controlnya masih kurang," ujarnya.

Ditemui di lokasi, Store GM Lotte Grosir Tegal Edy Effendy menuturkan, kedepan pihaknya akan memperbaiki quality control dan semua yang dianjurkan tadi oleh tim sidak.

Penemuannya sendiri ada yang mendekati kadaluwarsa kurang tiga bulan, tapi ada juga produk yang sudah kadaluwarsa seperti minuman dan mie instan.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved