Breaking News:

Komandan Militer ISIS Ditangkap di Wilayah Pinggiran Istanbul

Kepolisian Turki menangkap seorang pria yang diduga merupakan komandan militer kelompok teroris ISIS di Istanbul, pada Minggu (2/5) pekan lalu.

Editor: Vito
wall street journal
Ilustrasi teroris 

TRIBUNJATENG.COM, ISTANBUL - Kepolisian Turki menangkap seorang pria yang diduga merupakan komandan militer kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Istanbul, pada Minggu (2/5) pekan lalu.

Dikutip dari Middle East Eye, Selasa (4/5), Kepolisi Turki dalam pernyataannya menyebutkan tersangka dengan nama alias Basim itu ditahan di pinggiran kota Istanbul.

Dia juga diduga bertugas di Dewan Syura ISIS, dan mengorganisir pelatihan militer bagi kelompok teroris itu di Suriah dan Irak.

Berdasarkan laporan berita nasional Turki, NTV, penangkapan itu dilakukan dalam operasi gabungan antara Kepolisian Turki dan Organisasi Intelijen Nasional (MIT).

Mereka kemudian mengunggah dua foto Basim, yakni saat dia masih berada di medan tempur dan setelah ditangkap.

Menurut laporan, Basim adalah warga Afghanistan yang diduga memiliki hubungan dekat dengan mantan pemimpin kelompok ISIS, mendiang Abu Bakar al-Baghdadi.

Dia tewas akibat bom bunuh diri saat akan ditangkap dalam operasi gabungan antara pasukan Kurdi dan Amerika Serikat (AS) di Provinsi Idlib, Suriah, pada Oktober 2019.

Menurut keterangan Kepolisian Turki, pria yang tak diketahui keberadaannya sejak Desember 2017 itu melakukan perjalanan menggunakan paspor palsu.

Laporan Kepolisian Turki tak dapat dikonfirmasi secara independen, begitu pula soal identifikasi latar pria itu.

Setelah sempat menguasai sepertiga dari Suriah dan Irak, kelompok ISIS kini terusir ke daerah perbatasan gurun di antara kedua negara.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved