Breaking News:

Berita Kajen

Bupati Asip: Aplikasi Simpel Desa Permudah Berbagai Layanan Publik

Desa Wonorejo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan terpilih menjadi desa diterapkannya Simpel Desa.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Istimewa
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri launching simpel desa di Desa Wonorejo. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Desa Wonorejo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan terpilih menjadi desa diterapkannya aplikasi sistem informasi managemen dan pelayanan desa (Simpel desa) yang disediakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat mengetahui informasi terbaru desa. Tak hanya itu, Simpel Desa juga memfasilitasi Bumdes memasarkan produk.

Peluncuran inovasi smart village berbasis web dan aplikasi tersebut dilaksanakan di Balai D

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri launching simpel desa di Desa Wonorejo.
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menghadiri launching simpel desa di Desa Wonorejo. (Istimewa)

esa Wonorejo, Senin (3/5/2021).

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan simpel desa adalah salah satu upaya mewujudkan Sustainable Development Goals ( SDGs) desa. SDGs desa ini merupakan perintah dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) agar seluruh desa di dunia bisa membangun desanya dengan baik, warga masyarakat mendapat akses ke pemerintah secara baik, dari tingkat kesehatan, pendidikan, ekonomi, semuanya juga berjalan dengan baik.

"Desa-desa di Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya 273, mempunyai setidaknya empat sumber daya yang kalau dimaksimalkan, maka akan menjadi kekuatan utama dalam mendukung terwujudnya SDGs desa," kata Bupati Asip.

Melalui simpeldesa ini, Bupati Asip juga meminta Kades Wonorejo mendidik anak muda agar lebih produktif dalam penggunaan smartphone dan bisa memberikan nilai lebih.

"Saya pesen monggo kita dukung aplikasi ini, kemudian agar dimanfaatkan sebaik-baiknya," pesannya.

Asip juga mengapresiasi PT Telkom dan Pemdes Wonorejo atas inovasi itu. Ia mengatakan, aplikasi itu akan membantu jalannya roda pemerintahan di era digital saat ini. 

"Aplikasi ini bisa menjalin konektivitas antar warga. Di bidang ekonomi, bahkan bisa saling menawarkan produk mereka," ucapnya.

Wahyu Andi Prasetyoatmojo, kepala desa Wonorejo menyampaikan simpel desa, mengacu kebijakan dari pusat bahwa prioritas dana desa tahun 2021 salah satunya adalah digitalisasi desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved