Breaking News:

Berita Kajen

Komisi III DPRD Bahas Sistem Transportasi Anak Sekolah

Komisi III DPRD bersama Pemkab Pekalongan mulai bahas sistem transportasi anak sekolah.

Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan menggelar rapat gabungan bersama Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Komisi III DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan mulai bahas sistem transportasi anak sekolah, di ruang rapat rapat Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan, Selasa (4/5/2021).

Dalam pembahasan bersama Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan hingga Satlantas Polres Pekalongan, muncul beberapa alternatif usulan dalam pembahasan tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan Siti Masruroh mengatakan, sistem transportasi anak sekolah ini sangat mendesak diwujudkan.

Sebab, masih sangat banyak siswa SMP yang menggunakan sepeda motor. 

"Banyak sekali anak SMP yang berangkat sekolah menggunakan sepeda motor, padahal belum memiliki SIM dan ini sangat berisiko," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro menawarkan beberapa alternatif. Di antaranya, memanfaatkan angkutan umum yang telah ada. Namun, kata dia, diatur jam-jam khusus untuk anak sekolah.

"Jadi angkutan umum itu khusus melayani anak sekolah hanya saat jam-jam berangkat dan pulang dan ini bisa diatur demikian," ucapnya.

Wahyu menjelaskan dengan mekanisme itu akan menciptakan simbiosis mutualisme yang baik dengan
sopir angkutan.

Namun, memang ini perlu pengkajian subsidi tarif. :Nantinya tarif angkutan umum khusus anak sekolah," jelasnya.

Pemanfaatan mobil desa siaga juga muncul sebaga alternatif. Namun forum rapat mengkhawatirkan itu justru akan memunculkan masalah baru di desa.

Halaman
12
Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved