Breaking News:

Idul Fitri 1442 H

Pemkab Karanganyar Imbau Tak Gelar Takbir Keliling

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengimbau masyarakat tidak menggelar takbir keliling guna menghindari adanya kerumunan. 

Penulis: Agus Iswadi
Editor: rival al manaf
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Bupati Karanganyar, Juliyatmono. 

Penulis: Agus Iswadi.

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengimbau masyarakat tidak menggelar takbir keliling guna menghindari adanya kerumunan. 

Pernyataan itu disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono usai rapat persiapan salat Idul Fitri 1442 hijriah di Podang I Setda Karanganyar, Jumat (7/5/2021). 

Yuli sapaan akrabnya menyampaikan, acara tradisi takbir keliling tahun lalu tidak digelar karena adanya pandemi Covid-19. Dia mengimbau supaya masyarakat juga tidak menggelar takbir keliling pada lebaran 1442 hijriyah tahun ini. 

"Semuanya di masjid, kita sudah punya banpol di kecamatan-kecamatan. Biasanya mereka terus keliling," katanya kepada Tribunjateng.com. 

Masyarakat tetap diperbolehkan menggelar takbiran di masjid atau mushola dengan jumlah terbatas. Mengingat saat ini masih situasi pandemi Covid-19, Pemkab tidak mengizinkan masyarakat untuk menggelar takbir arak-arakan keliling untuk mencegah adanya kerumunan. 

Dalam surat edaran Kemenag Nomor 7 Tahun 2021 tentang panduan penyelenggaraan salat Idul Fitri tahun 1442 H/2021 di saat pandemi Covid sudah diatur terkait pelaksanaan malam takbiran di masjid/ mushola seperti 10 persen dari kapasitas masjid an mushola dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso mengatakan, acara takbir keliling terpaksa tidak dapat dilakukan terlebih dahulu guna menghindari adanya kerumunan. 

"Malam takbiran masih dapat digelar di masjid dengan jumlah terbatas. Kalau keliling kan berpotensi menimbulkan kerumunan," ucapnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved