Breaking News:

Ngopi Pagi

FOKUS: Berjuang Sampai Akhir Tujuan

FOKUS: Berjuang Sampai Akhir Tujuan. Ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

Penulis: galih permadi
Editor: iswidodo
tribunjateng/grafis/bram
Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi 

Ditulis oleh Wartawan Tribun Jateng, Galih Permadi

TRIBUNJATENG.COM - Berjuang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti memperebutkan sesuatu dengan mengadu tenaga.

Hari itu, matahari sudah mulai meninggi. Seorang wanita duduk di teras sebuah rumah kosong. Pakaian badut warna hitam ia keluarkan dari tas. Badut monyet itu lantas berjalan menuju lampu merah untuk mengamen.

Dengan bermodal pemutar musik kecil badut monyet itu menari seadanya ketika lampu merah menyatala. Apalagi di bulan Ramadan ini, pengamen badut tak hanya satu, kadang ada dua hingga tiga badut di setiap lampu merah. Ya, mereka berjuang mengejar berkah rupiah di bulan Ramadan dari pengendara dermawan hingga yang “mendadak” dermawan.

Rupiah yang didapat entah diperjuangkan untuk diri sendiri, keluarga atau orang lain. Seperti kisah viral badut Rinno di Yogyakarta yang menyisihkan hasil mengamen untuk para lansia dan orang dengan gangguan kejiwaan.

Selain pengamen badut, perantau juga tengah berjuang untuk mudik meski ada larangan mudik dari pemerintah. Seperti yang dilakukan seorang pemotor asal Lampung yang menangis saat diminta putar balik oleh petugas karena tidak memiliki surat keterangan bebas Covid-19.

Diketahui, wanita tersebut hendak mudik ke Lampung menggunakan sepeda motor namun dihadang petugas di pos penyekatan kawasan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Banteng, Selasa (4/5/2021). Ia memohon kepada petugas sambil berurai air mata agar diizinkan untuk melintas.

Pemudik wanita itu mengaku sudah tidak punya pekerjaan karena terkena PHK. Hal itu membuat dirinya sudah tidak memiliki penghasilan sehingga memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Pada akhirnya, pengendara motor wanita tersebut diizinkan untuk melintas dan melanjutkan perjalanan ke kampung halaman oleh petugas.

Begitu juga dilakukan 10 orang menumpang truk dan bersembunyi di antara motor baru demi bisa mudik. Meski ketahuan petugas di Tangerang, mereka diperboleh pulang ke Serang. “Ke-10 orang "Ke-10 orang penumpang diperbolehkan pulang menggunakan moda transportasi yang dicarikan oleh petugas," tandas KapolrestaTangerangKombes Pol Wahyu Sri Bintoro melalui pesan singkat, Sabtu (8/5/2021).

Indonesia saat ini tengah berjuang lepas dengan wabah Corona. Hingga Minggu (5/9/2021), total kasus corona mencapai 1.713,684 kasus positif corona. Sementara itu, jumlah yang sembuh dari kasus corona bertambah 4.360 orang sehingga menjadi sebanyak 1.568.277 orang. Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Indonesia bertambah 170 orang menjadi sebanyak 47.012 orang.

Tak sedikit keluarga was-was dengan kondisi anggota keluarga yang terpapar corona. Berbagai cara keluarga dan tenaga kesehatan dilakukan demi kesembuhan.

Begitu juga bagi umat Islam, kini tengah berjuang melawan hawa nafsu di Bulan Ramadan. Tinggal tiga hari puasa Ramadan menuju hari kemenangan.

Selamat berjuang buat para pejuang kehidupan. Semoga tidak ada kata menyerah di tengah jalan hingga akhir tujuan. Teringat kata bijak: Hidup kita sangat sulit, namun ada jutaan kehidupan yang lebih sulit di luar sana.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved