Breaking News:

Idul Fitri 1442 H

Kisah Petugas SAR saat Lebaran, Ketempat Wisata Tapi Bukan untuk Liburan

Ribuan wisatawan mendatangi kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama libur Lebaran, pada 13-16 Mei 2021.

Editor: rival al manaf
ISTIMEWA
Tim SAR gabungan saat memulai pencari pemancing yang tenggelam di Sungai Klawing Kedung Bener, Desa Peniron, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, pada Minggu (16/5/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ribuan wisatawan mendatangi kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama libur Lebaran, pada 13-16 Mei 2021.

Di tengah hiruk pikuk wisatawan, terlihat beberapa orang mengenakan seragam oranye, mereka adalah tim SAR Satlinmas.

Pada libur Lebaran tahun ini, petugas SAR tak hanya bertugas mengantisipasi kecelakaan laut. Mereka juga mengingatkan wisatawan untuk menjaga protokol kesehatan selama liburan.

Baca juga: Video Pemeriksaan Surat Bebas Covid-19 Bagi Penumpang Bus di GT Kalikangkung Semarang

Baca juga: TAHUKAH ANDA! Ternyata Pendatang di Papua Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit dan Sriwijaya

Baca juga: Pantas TNI-Polri Habis-habisan Buru KKB Papua, Ternyata Dapat Misi Khusus dari Presiden Jokowi

Seperti yang dilakukan Surisdiyanto yang telah bertahun-tahun bertugas sebagai Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul.

Saat Lebaran, petugas SAR Satlinmas tak bisa menghabiskan waktu untuk bersilaturahmi dan bercengkerama bersama keluarga.

Mereka hanya bisa beribadah dan beramah-tamah sebentar, lalu kembali ke posko di pinggir pantai sesuai wilayah tugas masing-masing.

"Kami bagi, yang muda dan belum berkeluarga berangkat lebih awal, dan selepas zuhur seluruh petugas sudah siaga di pos masing-masing," kata Suris saat ditemui di Posko Pantai Sepanjang, Minggu (16/7/2021). 

Setiap beberapa jam sekali, para petugas yang sebagian besar warga sekitar pantai ini berkeliling memastikan keamanan para pengunjung.

Setiap pantai terdapat dua hingga empat petugas, hanya Pantai Baron yang dijaga 14 petugas karena terdapat sungai dalam yang bermuara ke pantai di wilayah itu. Selain itu, lokasi tersebut merupakan wilayah pendaratan ikan.

Saat libur Lebaran, puluhan ribu wisatawan berkunjung ke wilayah pantai di Gunung Kidul setiap harinya. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved