Breaking News:

Berita Ekonomi Bisnis

Terapkan SNI, Angkat Produk UMKM Tembus Pasar Ekspor

Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) terbukti mampu meningkatkan daya saing para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

ISTIMEWA
Produk UMKM binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN), CV Agdia Toys, meraih sertifikat SNI Mainan anak. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) terbukti mampu meningkatkan daya saing para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu UMKM binaan Badan Standardisasi Nasional (BSN), CV Agdia Toys, misalnya setelah meraih sertifikat SNI Mainan anak, CV Agdia Toys berhasil melakukan ekspor produk mainan edukasinya ke berbagai negara, diantaranya ke Korea Selatan.

Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian BSN, Heru Suseno mengatakan sertifikasi SNI sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya saing serta untuk branding para pelaku usaha, khususnya UMKM

“Dengan ber-SNI, berarti UMKM tersebut telah menerapkan prinsip standar keamanan, keselamatan dan menghasilkan produk yang berkualitas yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Salah satu contohnya, CV Agdia Toys, penerap SNI mainan anak yang telah berhasil mengekspor mainan anak ke mancanegara, bahkan di tengah pandemi sekalipun,” terang Heru dalam keterangannya, Minggu, (23/5/2021). 

Baca juga: Ganjar Pranowo Sengaja Tak Diundang Acara Puan di Semarang, Ada Konflik dengan PDIP?

Baca juga: Tagar Puan Jadi Trending Twitter Hari Ini, Ada Apa?

Baca juga: Puan Maharani Undang Kepala Daerah Kader PDIP Se-Jateng untuk Pemilu 2024

Baca juga: Luna Maya Melongo Dengar Cerita Sophia Latjuba Soal Ariel: Masa Kamu Digituin Soph?

Ia menjelaskan, seri SNI ISO 8124:2010 Keamanan Mainan merupakan standar yang ditetapkan oleh BSN dengan mengadopsi identik pada standar internasional (ISO-International Organization for Standardization).

Dengan menerapkan SNI Mainan anak yang diakui oleh internasional, maka para pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun UMKM, memiliki modal kuat untuk bersaing di pasar internasional. 

Adapun, CV Agdia Toys merupakan produsen mainan edukatif kayu binaan BSN yang berlokasi di Ngentak, Sajen, Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Hingga saat ini, CV Agdia Toys sudah memproduksi lebih dari 250 model mainan edukatif untuk anak, mulai dari balok kayu hingga puzzle. 

Owner CV Agdia Toys, Diana Susanti mengakui sertifikasi SNI merupakan cara ampuh bagi UMKM untuk menembus dan menguasai pasar.

Kepemilikan sertifikat SNI mampu meningkatkan kepercayaan konsumen terkait kualitas dan keamanan suatu produk, yang akan berpengaruh pada peningkatan penjualan, terutama penjualan ekspor ke beberapa negara.

Halaman
12
Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved