Breaking News:

Pendidikan

Dosen FTP USM Berikan Pelatihan Pengemasan Buah dan Sayuran pada Kelompok Wanita Tani di Kendal

Tiga dosen USM memberikan pelatihan pengemasan hasil olahan yang menggunakan buah dan sayuran di Kendal.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: moh anhar
ISTIMEWA
Tim dosen FTP USM memberikan pelatihan pengemasan buah dan sayuran pada kelompok wanita tani Ceria di Patean, Kendal, kemarin. 

Penulis: M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tiga dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan kepada kelompok wanita tani Ceria di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, kemarin.

Ketiga dosen FTP yaitu Elly Yuniarti Sani, Ika Fitriana, dan Rohadi.

Pelatihan yang dijalankan ketiganya yaitu pengemasan hasil olahan yang menggunakan buah dan sayuran.

Diketahui, kelompok tani yang beranggotakan ibu-ibu yang sehari-hari menangani komoditas sayuran dan buah-buahan dalam bentuk segar atau olahan menjadi mie kering, stik dan kudapan sesuai dengan karakteristik sifat fisiknya.

Elly Yuniarti Sani mengatakan, sayuran, buah-buahan, hasil ternak dan ikan termasuk komoditi pertanian dalam arti luas yang mudah rusak dan membusuk yang yang diakibatkan oleh mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan yeast.

"Kerusakan akibat kekeringan, perubahan kimiawi dan biokimiawi yang berlanjut terjadi perubahan sifat fisik yang mengakibatkan kemunduran mutu," katanya, dalam keterangannya, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Membeludak, Jumlah Pasien Covid-19 Rujukan asal Kudus ke RS Semarang Terus Bertambah

Baca juga: Agar Pasien Pasien Covid-19 Tertangani, Bupati Kudus HM Hartopo Siapkan Dua Rumah Sakit Cadangan

Baca juga: Gerindra Temui PDIP Jateng di Tengah Isu Prabowo-Puan di Pilpres 2024, Benar akan Ada Koalisi?

Baca juga: Pengakuan Gadis SMP Pemeran Video Sini BO Dua Ratus Kepada Petugas: Seminggu Bisa Lima Orang Berbeda

Agar tidak rusak, katanya, sehingga diperlukan perlakuan awal sayuran dan buah-buahan sebelum pengolahan seperti pengaturan kelembaban udara selama transportasi dan distribusi sayuran dan buah-buahan.

"Di antaranya dengan pemakaian mesin-mesin selama pengolahan dan peralatan mekanis lainnya, perlakuan dan penanganan lepas panen sayuran dan buah-buahan selama pemanenan, penyimpanan suhu rendah, penyimpanan dengan udara terkendali, curing dan iradiasi serta mengurangi pemakaian bahan kimia," tambah Elly.

Kelompok wanita tani Ceria mempunyai unggulan produk mie pelagi yang mempunyai warna merah yang merupakan perpaduan dari buah naga, cabai dan tomat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved