Breaking News:

Berita Karanganyar

Antisipasi Kerumunan dan Konvoi, Pengumuman Kelulusan SMP di Karanganyar Dilakukan Secara Daring

Apabila nantinya ada pelajar SMP yang melakukan euforia berlebihan dengan cara konvoi, lanjutnya, dinas akan memanggil pihak sekolahan

TribunJateng.com/Agus Iswadi
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pengumuman kelulusan tingkat SMP di Kabupaten Karanganyar dilakukan secara daring guna mengantisipasi kerumunan dan euforia berlebihan dengan cara konvoi.

Berdasarkan informasi yang Tribunjateng.com himpun, pengumuman kelulusan tingkat SMP akan dilakukan secara daring pada Jumat (4/6/2021). Sedangkan pengumuman kelulusan tingkat SD dilakukan secara offline pada Selasa (15/6/2021). 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Nurini Retno Hartati menyampaikan, dinas telah memberikan surat edaran kaitanya dengan teknis pengumuman kelulusan kepada pihak sekolah.

"Kelulusan SMP pada 4 Juni 2021 secara serentak. Tidak ada aksi konvoi dan anak-anak diharapkan tidak datang ke sekolahan karena pengumuman secara daring, Kita tetap menegaskan kembali ke sekolah supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (2/6/2021). 

Apabila nantinya ada pelajar SMP yang melakukan euforia berlebihan dengan cara konvoi, lanjutnya, dinas akan memanggil pihak sekolahan. 

Berbeda dengan teknis pengumuman kelulusan tingkat SMP, dia menuturkan, pengumuman kelulusan tingkat SD dilakukan secara luring atau offline. Kendati demikian, pihak sekolah dapat mengatur teknis pengambilan guna menghindari adanya kerumunan. Seperti pengambilan secara bergelombang atau disampaikan melalui grup aplikasi pesan singkat wali murid. 

Plt Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Karanganyar,Endang Trihadiningsih menambahkan, dinas telah berkirim surat ke kepolisian untuk mengantisipasi adanya aksi konvoi saat pengumuman kelulusan tingkat SMP. 

Secara teknis pengumuman kelulusan dapat disampaikan melalui website sekolahan maupun aplikasi pesan singkat.

"Itu nanti diumumkan pukul 15.00. Dikhawatirkan kalau pagi anak-anak euforia berlebihan. Meski dinas telah memberikan surat edaran supaya pihak sekolah mengawal siswanya," imbuhnya. 

Meski dinas menganjurkan pengumuman kelulusan dilakukan secara daring, akan tetapi Endang tidak menampik adanya beberapa sekolah yang mengalami kendala. Sehingga pengumuman dapat dilakukan secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Ais).

Penulis: Agus Iswadi
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved