Breaking News:

Wawancara Khusus

Wansus : Kakanwil Kemenag Sebut 29.916 Calhaj Batal Berangkat, Berapa Waiting List Haji di Jateng

Indonesia tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2021 atau 1442 Hijriah. Sebagaimana Keputusan Menteri Agama No 660 tahun 2021

AFP PHOTO/BANDAR ALDANDANI
Pemandangan dari udara menunjukkan jemaah haji tengah mengelilingi Kabah, tempat paling suci bagi umat Islam di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (3/9/2017). Tercatat sekitar 2,1 juta umat Muslim dari berbagai belahan dunia berkumpul untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini. 

TRIBUNJATENG.COM -- Indonesia tidak memberangkatkan calon jemaah haji tahun 2021 atau 1442 Hijriah. Sebagaimana Keputusan Menteri Agama No 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji.

Ada sejumlah calon jemaah haji di Jawa Tengah yang batal berangkat haji, bagaimana nasibnya?

Berikut wawancara eksklusif wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin dengan Kepala Kanwil Kemenag Jateng, H Musta'in Ahmad SH MH, di Kantor Kanwil Kemenag, Kamis (3/6).

Bagaimana Bapak menyikapi keputusan Kemenag ini?

Tentu Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M ini sebenarnya sudah lama kita tunggu. Meskipun pahit, ini menjadikan kita lega karena sudah ada kepastian.

Saya berharap keputusan ini bisa diterima dengan baik dan jernih, dengan semangat seorang mukmin yang ketika mendapat anugerah mendahulukan bersyukur dan mendapat musibah mendahulukan kesabaran.

Bagaimana langkah Kemenag Jateng?

Keputusan ini tentu akan segera kita sosialisasikan di Jawa Tengah, meskipun saya yakin sudah didengar dan diterima dengan cepat para calon jemaah haji.

Namun melalui kantor Kemenag kabupaten/kota, para penyuluh agama, kami akan terus menyosialisasikan dengan baik agar masyarakat dan khususnya calon jemaah haji bisa mengerti dan mengetahui secara lengkap sehingga memahami keputusan yang diambil pemerintah ini.

Ada berapa calhaj Jateng batal berangkat 2021 ini?

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved