Breaking News:

Penanganan Corona

Biar Lekas Sembuh, Pasien Isolasi Covid-19 asal Kudus di Donohudan Dihibur Band dan Komedi

Menurutnya, kegiatan tersebut hanya sebagian kecil kontribusi dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Jateng

Istimewa
sejumlah pasien positif covid di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan Boyolali berjoget menikmati musik yang dibawakan Waton Ngakak 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Beragam cara dilakukan untuk memberikan semangat dan hiburan untuk para pasien Covid-19. Sebab, kunci pasien covid bisa sembuh yakni meningkatkan imun tubuh.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki cara agar imun tubuh pasien covid yang tengah diisolasi di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan Boyolali, bisa meningkat.

Yakni dengan mengadakan kegiatan refreshing bagi pasien terkonfirmasi positif covid kategori orang tanpa gejala (OTG). Grup band dihadirkan secara langsung untuk menghibur mereka, Selasa (8/6/2021).

Sejumlah pasien covid tampak menikmati lantunan lagu-lagu yang dibawakan grup band Waton Ngakak. Mereka merespon alunan nada dengan berjoget dan bernyanyi bersama.

Grup band membawakan lagu-lagi dari jarak lumayan jauh atau di luar pagar tempat isolasi. Dengan pengeras suara, penghuni tempat isolasi tetap bisa menikmatinya.

Ide ini digagas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng.

"Di tengah kondisi memprihatinkan akibat lonjakan penderita Covid-19 dari Kudus dan sekitarnya yang karantina di Asrama Haji Donohudan, Disporapar Jateng menurunkan grup band Waton Ngakak untuk menghibur mereka," kata Kepala Disporapar Jateng, Sinung N Rachmadi.

Menurutnya, kegiatan tersebut hanya sebagian kecil kontribusi dari organisasi perangkat daerah (OPD) di Jateng.

Sebelumnya, kata dia, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menginstruksikan, kepada semua OPD agar bersama-sama peduli dan empati kepada mereka yang tengah diisolasi di Donohudan.

"Barangkali ini hal yang kecil, cuma ini yang bisa kami kontribusikan, tidak seberapa. Ini tindak lanjut dari saran dan harapan pak gubernur. Kami berinisiatif menghibur mereka, biar tidak bosan dan bisa ngakak bareng. Kata para pakar kan bisa meningkatkan imun biar lekas sembuh dan mereka cepat pulih dan kembali ke keluarga," jelasnya.

Ia menambahkan, sebetulnya Disporapar mempunyai program pentas musik di masa pandemi untuk memberikan para musisi tampil. Hanya saja, untuk menghibur para penghuni tempat isolasi, lokasi pentasnya dipindah ke Donohudan.

Sinung tidak menyangka upaya yang dilakukannya mendapatkan apresiasi dari sejumlah penghuni tempat isolasi. Mereka merasa terhibur dan terbawa suasana untuk bernyanyi.

"Kami tidak menyangka, yang isolasi tampak excited. Pagi hari sambil berjemur mereka dihibur, terus siang berhenti dan dilanjutkan sore hari. Isone mung iki lur (bisanya cuma seperti itu)," imbuhnya. (mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved