Breaking News:

Berita Banyumas

Kesaksian Pemdes Soal Pembubaran Pentas Kuda Lumping Banjarnegara, Panitia Sudah Jalankan Prokes

Pembubaran pentas seni Kuda Lumping di beberapa desa oleh aparat Polri menuai reaksi keras dari Bupati.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Sekdes Kutayasa Kecamatan Madukara Bugar Yugo 

TRIBUNBANYUMAS. COM - Pembubaran pentas seni Kuda Lumping di beberapa desa di Kecamatan Madukara oleh aparat Polri menuai reaksi keras dari Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.  Budhi menyayangkan aksi aparat yang justru menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Terlebih dalam kegiatan pembubaran itu, polisi menunjukkan data Covid 19 di Kabupaten Banjarnegara yang dinilainya provokatif. 

Kepala Desa Limbangan Pujianto membenarkan pembubaran pentas kuda lumping di wilayahnya oleh pihak Kepolisian. 
Pujianto mengatakan, pentas seni Kuda Lumping diadakan oleh kelompok seni Kuda Lumping (Ebeg) yang ada di desanya. 

Menurut dia, ada rekomendasi dari Pemerintah Kecamatan Madukara terkait penyelenggaraan acara itu. 

"Sifatnya desa hanya mengetahui. Rekomendasi dari Camat ada," katanya,  

Pihaknya sebenarnya dari awal sudah berusaha mencegah agar acara itu tidak terselenggara karena pandemi masih melanda. Tetapi pihaknya tidak bisa melawan kehendak masyarakat, khususnya kelompok seni yang menginginkan acara itu terselanggara. 

Pasalnya, sudah setahun lebih, pentas Kuda Lumping tidak diadakan karena Pandemi Covid 19. Ia menyadari masyarakat butuh hiburan.  Sementara hiburan rakyat di pedesaan yang selama ini telah menjadi mentradisi, salah satunya Kuda Lumping. 

"Karena sudah terlalu lama, warga butuh hiburan. Sudah setahun lebih gak ada pentas Kuda Lumping. Ini yang pertama sejak pandemi," katanya

Pentas Seni Kuda Lumping rupanya diadakan di beberapa desa di hari yang sama. Di Desa Kutayasa, pentas Kuda Lumping yang diadakan di lapangan juga akhirnya dibubarkan polisi. 

Sekretaris Desa Kutayasa Bugar Yugo mengatakan, di desanya, Pentas Kuda Lumping berlangsung sejak Sabtu sore (12/6/2021). Acara itu berlanjut hingga malam. Polisi membubarkan acara itu pada malam hari saat pentas masih berlangsung. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved