Breaking News:

Berita Karanganyar

Seperti NU-Muhammadiyah, Romo Tri Ajak Pemuda Katolik Terjun ke Politik dan Kemasyarakatan

Ketua Dewan Paroki Santo Pius X Karanganyar titip pesan kepada pengurus Pemuda Katolik setempat.

Penulis: rika irawati | Editor: sujarwo
Seperti NU-Muhammadiyah, Romo Tri Ajak Pemuda Katolik Terjun ke Politik dan Kemasyarakatan
Istimewa
Ketua Dewan Paroki Santo Pius X Karanganyar Romo Robertus Tri Widodo Pr.
Rapat pengurus Pemuda Katolik Karanganyar, Jumat (11/6/2021).
Rapat pengurus Pemuda Katolik Karanganyar, Jumat (11/6/2021). (Istimewa)

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Ketua Dewan Paroki Santo Pius X Karanganyar Romo Robertus Tri Widodo Pr titip pesan kepada pengurus Pemuda Katolik setempat untuk memberi penyadaran  akan pentingnya berpolitik dan kemasyarakat bagi anak muda Katolik di Karanganyar, khususnya di paroki tersebut.

Romo Tri yang juga anggota tribunal (pengadilan) perkawinan Keuskupan Agung Semarang itu mengakui, selama ini, anak muda Katolik di Karanganyar dan di berbagai wilayah, cenderung alergi terhadap politik dan kemasyarakatan.

Padahal anak muda Katolik, menurut dia, adalah salah satu garda depan dalam politik dan kemasyarakatan.

Selain masalah internal terkait alergi terhadap kemasyarakatan dan politik, kata Romo Tri, gereja kini juga tengah menghadapi persoalan eksternal, berupa radikalisme dan korupsi yang sudah akut dan merusak sendi kehidupan.

"Kami titip pesan pada Pemuda Katolik sebagai ormas agar anak muda Katolik dididik, dikader supaya peduli pada kemasyarakatan dan politik. Sebab, nantinya, merekalah yang juga ikut menentukan ke mana arah bangsa ini. Saudara kita, seperti Pemuda Muhammadiyah dan Pemuda NU, sudah melakukan. Karena itu, Pemuda Katolik jangan jadi penonton," katanya.

Hal itu dikatakan Romo Tri ketika membuka dan memberi sambutan pada mapenta (masa penerimaan anggota) dan musyawarah komisariat cabang (muskomcab) Pemuda Katolik Komcab Karanganyar, di aula gereja, Sabtu (12/6/2021).

Selain panerimaan anggota baru, dalam acara tersebut juga dilakukan pengukuhan terhadap Sigit Pranowo yang terpilih sebagai ketua Pemuda Katolik Komcab Karanganyar periode 2021-2023.

Sigit dibantu David Indriyanto sebagai wakil ketua dan Antonius Agung Subroto sebagai sekretaris.

Dalam sambutannya, Ketua Pemuda Katolik Komda Jawa Tengah Stephanus Agus Tri, sepakat dengan apa yang disampaikan Romo Tri Widodo, bahwa anak muda Katolik harus berperan, baik di dalam maupun di luar gereja.

Bahkan, Agus berharap, Pemuda Katolik sebagai ormas (organisasi massa) dan organisasi kepemudaan (OKP), bisa menjadi "kawah candradimuka" bagi anak muda Katolik untuk berkiprah di berberbagai tempat.

Agus juga berpesan pada pengurus baru Pemuda Katolik yang baru dikukuhkan untuk melakukan mitigasi dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi gereja dan masyarakat.

Jadikan masalah gereja dan masalah masyarakat juga menjadi masalah Pemuda Katolik untuk dicarikan solusinya.

"Untuk program kerja, tak usah muluk-muluk, tak usah banyak-banyak. Buat saja program unggulan sesuai passion, sesuai kebutuhan, agar anak muda Katolik tertarik. Apakah itu di bidang olahraga, ekonomi kreatif, seni budaya, dan lainya. Untuk aplikasi program, bisa bersinergi dengan gereja, pemerintah, atau lembaga lain," kata Boncu, begitu dia akrab disapa.

Sementara itu, Sigit Pranowo, berterima kasih atas kepercayaan dari para kolega untuk memimpin Pemuda Katolik Komcab Karanganyar periode 2021-2023.

Lewat dukungan dari para senior, Sigit berharap bisa memegang amanah atau epercayaan itu sesuai AD/ART. (*) 
 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved