Breaking News:

PPDB Jateng

Ombudsman Awasi PPDB SMA-SMK di Jateng

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan, 21-24 Juni.

istimewa
Sejumlah CPD melakukan pendaftaran PPDB di SMKN 1 Warungasem Batang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan, 21-24 Juni.

Kemudian dilanjut 25-26 Juni evaluasi pemeringkatan dan penyaluran.

Hasil PPDB akan diumumkan tanggal 26 Juni. Sedangkan daftar ulang bagi calon peserta didik yang diterima 28 Juni hingga 2 Juli.

Ombudsman RI sebagai pengawas pelayanan publik dalam momen tahunan ini melakukan pengawasan penyelenggaraan PPDB. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah Siti Farida S.H., M.H mengatakan, PPDB merupakan satu-satunya mekanisme yang harus dilalui oleh calon peserta didik untuk memilih, dan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi.

Momen tersebut cukup krusial menentukan masa depan calon peserta didik sekaligus dunia Pendidikan Indonesia di masa mendatang.

"Sebagaimana pendidikan merupakan salah satu hak dasar masyarakat, dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik," ujar Farida.

Buka Posko

Ia menyampaikan sejak tahun 2017 hingga saat ini Ombudsman RI membuka posko PPD setiap tahunnya. Beberapa temuan terkait PPDB sudah disampaikan kepada Ombudsman Pusat untuk disampaikan kepada Kementerian untuk perbaikan di PPDB selanjutnya.

"Menindaklanjuti Surat Edaran nomor 19 Tahun 2021 Tentang Pengawasan Pelayanan Publik Sektor Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19 Terkait Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka dan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2021, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah sudah mulai melakukan pengawasan PPDB dari jenjang pendidikan SD hingga SMA," terang Farida.

Terkait Pengawasan PPDB jenjang pendidikan SMA-SMK di Jateng pihaknya mengawasi sejak pengaturan regulasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved