Breaking News:

Waspada Pandemi Covid-19 Picu Kenaikan Stunting Balita Kabupaten Tegal

Stunting atau tubuh kerdil pada anak (tengkes) menjadi indikasi perkembangan otak dan sel tubuh anak tidak berkembang optimal.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: Daniel Ari Purnomo
istimewa
Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka acara Rembuk Stunting di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa (22/6/2021) kemarin.  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWIStunting atau tubuh kerdil pada anak (tengkes) menjadi indikasi perkembangan otak dan sel tubuh anak tidak berkembang optimal.

Kondisi itu akan berdampak pada tingkat kecerdasan, kemampuan kognitif dan kesehatannya ke depan karena mudah sakit. 

Permyataan ini disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka acara Rembuk Stunting di Pendopo Amangkurat, Selasa (22/6/2021) kemarin. 

Umi mengungkapkan jika faktor kemiskinan menjadi penyebab utama kondisi gizi buruk pada balita sebagai penyebab utama tengkes. 

Menurutnya, jumlah kasus gizi akut di Kabupaten Tegal tahun 2018 lalu mencapai 21.233 balita. Dan di tahun yang sama, terdapat 6.744 balita yang mengalami gizi buruk.

Kualitas sumber daya manusia menjadi faktor paling menentukan daya saing bangsa. 

Sehingga, pembangunan manusia menjadi investasi berharga bagi masa depan yang salah satunya ditempuh dengan menangani permasalah gizi sebagai penyebab tengkes pada bayi dan balita.

“Sejak tahun 2019, Pemkab Tegal telah menginisiasi delapan aksi konvergensi stunting dan terus mengalami penyempurnaan. Termasuk pelaksanaan rembuk pagi ini sebagai aksi ketiga untuk mendapatkan masukan dan kesepakatan penyempurnaan kebijakan penurunan stunting yang mencakup peran desa di dalamnya,” jelas Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (23/6/2021). 

Di sini, Umi menggarisbawahi jika pandemi Covid-19 yang berkepanjangan berpotensi meningkatkan jumlah bayi penderita tengkes karena himpitan ekonomi menjadikan keluarga tidak mampu menyediakan nutrisi untuk ibu hamil dan makanan bergizi bagi anak. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved