Breaking News:

Berita Karanganyar

DKK Karanganyar Siapkan Puskesmas Poned Untuk Persalinan Ibu Hamil Positif Corona

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mempersiapkan beberapa puskesmas Poned (Pelayanan obstetri neonatal emergency dasar)

Penulis: Agus Iswadi | Editor: galih permadi
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar mempersiapkan beberapa puskesmas Poned (Pelayanan obstetri neonatal emergency dasar) untuk menangani ibu hamil yang terkonfirmasi positif COvid-19 tanpa gejala dan resiko.

Kabid Yankes DKK Karanganyar, Dwi Rusharyati menyampaikan, langkah tersebut dilakukan untuk mengurai tingkat keterisian TT di rumah sakit rujukan pasien Covid-19 yang ada di Kabupaten Karanganyar. 

"Harapannya ibu hamil terkonfirmasi tapi tanpa gejala dan kehamilan normal tanpa adanya faktor resiko bisa ditangani di puskesmas Poned," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Senin (28/6/2021).

Dia menuturkan, nantinya puskesmas Poned juga dapat menerima rujukan pasien dari puskesmas non-Poned yang ada di Kabupaten Karanganyar. Sedangkan ibu hamil dengan resiko baik dari faktor usia dan penyakit penyerta dapat ditangani di rumah sakit. 

Terpisah, Plt Kepala DKK Karanganyar, Purwati mengatakan, beberapa puskesmas yang disiapkan menjadi puskesmas Poned meliputi Puskesmas Karanganyar, Kebakkramat I, Jumapolo, Colomadu II, Kerjo dan Tawangmangu. 

"Sudah ada yang menangani persalinan di Puskesmas Jumapolo. Terkonfirmasi positif tapi secara kehamilan tidak berisiko dan tidak bergejala. Tapi kami masih dalam pengawasan dokter. Kita koordinasi dengan dokter obgyn," ucapnya. 

Dia menuturkan, dari awal pandemi Covid-19 tercatat ada sebanyak 500-an kasus ibu hamil yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Karanganyar.

"Sampai tanggal 8 Juli 2021, positif ada 40 (ibu hamil). Tapi beberapa sudah sembuh dan ada penambahan lagi," terangnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved