Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

5 Aplikasi Android Wajib Agar Mahir Berbahasa Inggris

Selama pandemi COVID-19, kita semua pasti jarang sekali melakukan aktivitas luar karena diharuskan mengikuti aturan pemerintah untuk tetap di rumah

Editor: abduh imanulhaq
IST
Aziza Restu Febrianto SPd MA, Dosen Prodi PBI Universitas Nasional Karangturi 

Oleh: Aziza Restu Febrianto SPd MA
Dosen Prodi PBI Universitas Nasional Karangturi

SELAMA pandemi COVID-19, kita semua pasti jarang sekali melakukan aktivitas luar karena diharuskan mengikuti aturan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Aturan ini harus dipatuhi agar rantai penularan virus dapat segera terputus.

Nah, dalam kondisi seperti ini, kenapa kita tidak memanfaatkan saja waktu selama di rumah untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat dan produktif. Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris secara mandiri dan asyik dengan menggunakan aplikasi Android yang kita punya.

Berikut ini adalah 5 aplikasi Android yang wajib kita miliki agar kita bisa semakin terampil berbahasa Inggris.

1. Kamusku

Aplikasi ini gratis dan kapasitasnya pun cukup rendah, sehingga cocok juga untuk Smartphone dengan internal memory yang tidak terlalu besar. Menariknya, aplikasi ini beroperasi secara offline atau tanpa menggunakan jaringan internet sama sekali, sehingga kita bisa menghemat kuota data saat memakainya. Selain itu, koleksi istilah dan kata dalam Kamusku juga sangat lengkap. Kamusku telah masuk dalam kategori aplikasi kamus Inggris-Indonesia/ Indonesia-Inggris terbaik di tahun 2021 menurut beberapa situs web teknologi informasi seperti https://www.yatekno.com/ dan https://surgatekno.com/

2. Advanced English Dictionary and Thesaurus

Aplikasi ini tidak hanya digunakan sebagai kamus, tetapi juga thesaurus yang berisi daftar hubungan kata seperti sinonim, antonim, hiponim, dsb. Jika dilihat dari tampilan dan isinya, Dictionary and Tesaurus ini tampaknya berbayar, padahal tersedia juga layanan gratisnya. Selain menyediakan layanan gratis, aplikasi ini juga bisa diatur pengoperasiannya agar dapat digunakan secara offline. Aplikasi Dictionary and Thesaurus ini memuat lebih dari 1.4 juta kata beserta hubungannya.

3. English Grammar in Use

Bagi yang ingin meningkatkan penguasaan Grammar secara mandiri dan asyik, tentu saja menggunakan aplikasi ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Dengan adanya materi dan pembahasan yang diambil dari buku Best Seller “English Grammar In Use,” konten aplikasi ini menjadi sangat lengkap. Konten materi yang dibahas mencapai 145 bab dari level dasar hingga mahir atau advanced. Kita juga bisa menggunakan fitur “Exercise” untuk mengerjakan soal-soal latihan agar bisa mengukur learning progress kita.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved