Berita Internasional

Kapal Selam Terbesar di Dunia Milik Rusia Diuji Coba, Mampu Luncurkan Torpedo Antarbenua

Rusia untuk pertama kalinya melakukan uji coba kapal selam nuklir raksasa di perairan terbuka. Kapal Selam Rusia yang dijuluki Belgorod tersebut diyak

Editor: m nur huda
kompas.com
kapal selam Rusia (Dok. Russian Ministry of Defence Via The Sun) 

TRIBUNJATENG.COM, MOSKWA –  Rusia untuk pertama kalinya melakukan uji coba kapal selam nuklir raksasa di perairan terbuka.

Kapal Selam Rusia yang dijuluki Belgorod tersebut diyakini sebagai kapal selam terbesar yang dikembangkan di manapun di dunia dalam 30 tahun terakhir.

Uji coba tersebut dilakukan selang beberapa hari pasca-ketegangan di Laut Hitam antara Rusia dan Inggris, sebagaimana dilansir The Telegraph, Sabtu (27/6/2021).

Jika Belgorod disetujui untuk digunakan, kapal selam tersebut akan mampu melancarkan serangan nuklir dengan torpedo antarbenua, Poseidon.

Selain itu, kapal selam tersebut juga akan bertindak sebagai semacam “kapal induk” untuk kapal selam yang lebih kecil.

Kapal selam kecil ini nantinya dapat menyelam jauh ke dasar laut dan dapat merusak atau bahkan memotong kabel-kabel penting.

Kendati demikian, spesifikasi lengkap Belgorod masih belum diketahui.

Informasi terbaru yang muncul adalam kapal selam tersebut menjalani tes pabrikan sebelum diserahkan kepada Rusia menjelang akhir tahun 2021.

Seorang sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa kapal selam tersebut sedianya akan “berdinas” di Armada Pasifik Rusia.

Namun, pihak Barat khawatir jika kapal tersebut ditempatkan di di dekat Kutub Utara atau Atlantik Utara.

Pasalnya, Moskwa telah meningkatkan aktivitas kapal selamnya di wilayah tersebut secara drastis dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Mei, Menteri Pertahanan Inggris mengatakan kepada The Telegraph bahwa Moskwa adalah ancaman nomor satu bagi Inggris.

Dia juga menuding bahwa perairan Inggris kerap kali dikunjungi oleh kapal-kapal Rusia. Sejak 2013, aset angkatan laut Rusia telah terdeteksi oleh Inggris tercatat lebih dari 150 kali.

Sementara itu, media Rusia TASS melaporkan bahwa Belgorod memulai uji coba pabrikan di laut terbuka di Laut Putih pada Jumat (5/6/2021).

Setelah uji coba pabrikan selesai, kapal selam tersebut akan diuji coba oleh pemerintah Rusia.(*)

Berita terkait kapal selam

Berita terkait Rusia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rusia Uji Coba Kapal Selam Terbesar di Dunia dalam 30 Tahun Terakhir

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved