Breaking News:

Ki Manteb Soedharsono Meninggal

Ketawang Layu-Layu Iringi Prosesi Pemakaman Ki Manteb Soedharsono, Tangis Keluarga Pecah

Terlihat sesekali, pengrawit dan sinden menahan tangis selama membawakan ketawang layu-layu.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dalang Ki Manteb Soedharsono dimakamkan di komplek pemakaman keluarga yang berada di Sekiteran RT 2 RW 8 Desa Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/7/2021) sekira pukul 13.00.

Dari pantauan di rumah duka, enam pengrawit dan dua sinden membawakan ketawang layu-layu yang menggambarkan suasana duka atau kesedihan di Pendopo Bima.

Terlihat sesekali, pengrawit dan sinden menahan tangis selama membawakan ketawang layu-layu.

Ketika jenazah Ki Manteb selesai dikafani di kamar pribadi dan dibawa petugas pemulasaraan untuk kemudian dimasukan ke peti, sontak tangis dari keluarga pecah.

Iringan ketawang layu-layu kian membuat suasana di rumah duka mengharu biru. 

Usai jenazah disalatkan di rumah duka, petugas mengenakan APD lengkap membawa peti jenazah tersebut ke dalam ambulance. Jenazah Ki Manteb dimakamkan di komplek pemakaman keluarga. Bersebelahan dengan makam istrinya sebelumnya, Sri Suwarni.

Pemakaman Ki Manteb Soedharsono dilakukan menggunakan protokol kesehatan. 

Anak Ki Manteb, Medhot Soedharsono menyampaikan, Ki Manteb Soedharsono meninggal dunia pada usia 73 tahun. Sebelum meninggal dunia, dalang kenamaan itu sempat menggelar pentas wayang di Taman Mini Jakarta.

"Kondisi berangkat sehat. Tapi sepulang dari Jakarta beliau kondisi panas dan istirahat sehari. Paginya, ketambahan dalang virtual (pentas wayang virtual) di rumah. Hampir selamalan," katanya kepada Tribunjateng.com di rumah duka. 

Usai menggelar pentas wayang secara virtual pada Minggu (27/6/2021), kondisi kesehatan Ki Manteb menurun sehingga harus mendapatkan penanganan medis. Pihak keluarga sempat memanggil perawat dan dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan Ki Manteb. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved