Breaking News:

CPNS 2021

CPNS Jateng: Simak Beda PNS dan PPPK Guru, Mulai dari Pensiunan hingga Pengembangan Karir

Sebelum mengikuti rekrutmen CASN 2021 ini, sebaiknya simak perbedaan antara pendaftar pada jalur PNS dan PPPK terutama untuk guru

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: muslimah
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Kepala BKD Jateng, Wisnu Zaroh 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Pemerintah telah membuka pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Rabu (30/6/2021) lalu.

Ada tiga jalur dalam CASN 2021 kali ini. Yakni pendaftaran CASN  untuk CPNS, Calon Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (P3K) Guru, dan Calon P3K Non-guru.

Sebelum mengikuti rekrutmen CASN 2021 ini, sebaiknya simak perbedaan antara pendaftar pada jalur PNS dan PPPK terutama untuk guru.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, Wisnu Zaroh mengatakan, Pemerintah Provinsi Jateng diberikan kuota oleh pemerintah pusat sebanyak 11.648 formasi.

Baca juga: Nia Ramadhani dan Suami Ditangkap Kasus Narkoba, Kakak Nia Yakin Ardi Bakrie Sudah Berubah

Baca juga: Jadwal Final Euro 2020: Big Match Italia vs Inggris Live RCTI dan Mola TV

Jumlah itu untuk jalur PNS sebanyak 301 formasi, PPPK non-guru 528 formasi, dan PPPK guru paling banyak yakni 10.819 formasi.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) ada sejumlah perbedaan terkait PNS dan PPPK, soal prinip pengelolaan kepegawaian," kata Wisnu, Kamis (8/7/2021).

Di dalam ASN PPPK tidak ada pola atau pengembangan karir, sedangkan di PNS ada. Namun, untuk pengembangan potensi ada di PPPK.

Selain itu, dalam PPPK juga tidak ada promosi, mutasi, dan jaminan pensiun.

"Ada 4 prisip ini yang membedakan. Namun demikian, untuk penisun PPPK diatur sendiri. Kalau untuk PNS kan sudah diambil dari negara," jelasnya.

Terkait pengembangan karir yang tidak ada dalam PPPK, dia memberikan contoh PPPK non-guru atau fungsional yang ambil ahli muda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved