Breaking News:

Forum Mahasiswa

OPINI Muhammad Ikhsan Hidayat : Gerakan Mengheningkan Cipta, Doa Untuk Indonesia

HINGGA hari ini pandemi Covid-19 masih berlangsung dan angka penularan juga tinggi. Maka dibutuhkan kesadaran untuk saling mendukung

Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng/Suharno
Polisi mengheningkan cipta bersama para pengendara motor yang melintas di jalan Kota Solo 

Oleh Muhammad Ikhsan Hidayat

Mahasiswa UIN Walisongo Semarang

HINGGA hari ini pandemi Covid-19 masih berlangsung dan angka penularan juga tinggi. Maka dibutuhkan kesadaran untuk saling mendukung antara pemerintah dan masyarakat.

Satgas Penanganan Covid-19 meminta kepada siapapun itu, baik pejabat, tokoh masyarakat, maupun tokoh agama, agar mendukung upaya pemerintah dalam memberantas Covid-19.

Tercatat, di Indonesia, per 9 Juli 2021, korban meninggal Covid-19 sebanyak 64,631 kasus. Sebagai umat beragama di Indonesia, selain ikhtiar maksimal juga hendaknya disertai doa pengharapan. Untuk itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak masyarakat untuk ‘Hening Cipta Indonesia’ pada Sabtu 10 Juli 2021 pagi.

Gerakan tersebut dilakukan untuk mendoakan para korban yang terkena Covid-19. Gerakan ini ditujukan kepada seluruh elemen masyarakat. Mengingat, banyaknya korban seperti tim medis, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat lainnya. Karena Covid sejatinya tidak mengenal status korban, siapa saja bisa terkena.

Menteri Yaqut mengimbau kepada masyarakat untuk turut berduka, berdoa, menghentikan sebentar aktivitasnnya, untuk mengheningkan cipta. Dalam ‘Hening Cipta’ ini, Menteri Yakut meminta kepada warga untuk melakukan perenungan dan doa bagi mereka yang telah gugur terlebih dahulu.

Tapi jangan hanya puas dengan berdoa, gerakan ‘Hening Cipta’ ini harus benar-benar diresapi agar kita bisa berbenah. Agar kita bisa belajar dari hal-hal yang kiranya menjadi penyebab semakin ganasnya penyebaran Covid-19.

Tidak egois

Sudah seharusnya masyarakat membuang sikap egois dan tidak berdisiplin. Karena ini semua ada tujuannya, yakni meminimalisir jumlah korban. Sikap disiplin tinggi merupakan jalan yang mesti ditempuh, tentu, ini berawal dari kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Jadikan momen-momen ‘Hening Cipta’ sebagai ajang untuk tetap menumbuhkan solidaritas bangsa untuk bersama menghadapi pandemi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved