Breaking News:

Berita Pendidikan

Yulaikah Mempertanyakan Keberadaan PPPK untuk Entaskan Guru Honorer, Kenapa Dipersulit Mendaftar?

Pendaftaran ASN dari jalur PPPK guru hingga hari menjelang penutupan pendaftaran masih ditemui sejumlah masalah.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: moh anhar
tribunnews.com via KOMPAS.com
Ilustrasi Guru Honorer 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru hingga hari menjelang penutupan pendaftaran, pada 21 Juli, belum lepas dari masalah.

Banyak kendala yang dihadapi guru honorer dalam proses pendaftaran PPPK 2021.

Akibatnya, banyak guru honorer yang sudah lama mengabdi di sekolah menjadi korban.

Di antara permasalahan yang muncul yakni banyaknya guru honorer yang mengajar di sekolah induk (sekolah yang menyediakan formasi) tetapi tidak bisa mendaftar dan formasi di sistem terkunci atau tertutup.

"Ada juga guru dari sekolah lain tidak bisa daftar. Ada juga kasus guru di sekolah induk tidak bisa daftar, tapi dari sekolah lain bisa daftar," kata pengurus Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Nonkategori Usia 35 Tahun ke atas (GTKHNK35+) Provinsi Jawa Tengah, Yulaikah, Minggu (18/7/2021).

Baca juga: 3.000 Keluarga Terdampak PPKM Darurat di Kudus Bakal‎ Terima Beras 5 Kg

Baca juga: Cara Aktifkan Filter Animasi di Google Meet

Baca juga: Not Angka When She Loved Me Sarah McLachlan

Selain itu, terkait formasi yang sangat sedikit hingga tidak ada formasi di sekolah tempat guru honorer mengajar, sehingga harus mendaftar di sekolah lain.

Kemudian, Yulaikan menuturkan ada juga daerah lain yang harus mensyaratkan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal.

"Kami tidak bisa membayangkan bahwa para honorer yang sudah tua pada saat lulus kuliah dulu, itu 'zaman ora enak' (zaman tidak enak). Mendapatkan IPK dua koma dulu itu sudah susah payah, setengah mati. Kalau zaman sekarang lulusan IPK tiga koma itu tidak menjamin berkompeten, karena saking mudahnya," ujarnya.

Menurutnya, baru tahap pendaftaran saja sudah banyak masalah di lapangan.

Belum lagi besok saat tes dimana ada ketentuan passing grade yang harus dilewati guru honorer, tidak peduli apakah itu guru honorer tua atau honorer yang baru saja lulus atau fresh graduate.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved